Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beralih Dari TV Analog ke Siaran TV Digital

TV Digital adalah

Era digital membuat semua perangkat informasi dan komunikasi yang ada saat ini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan dunia teknologi yang semakin berkemban. Termasuk salah satunya yaitu televisi yang dulunya masih menggunakan TV tabung siaran analog, sekarang secara perlahan harus beralih ke siaran digital.

Apalagi sejak dimulainya program pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo yaitu mensosialisasikan pelaksanaan digitalisasi penyiaran dan penghentian siaran TV analog secara bertahap ke seluruh daerah di Indonesia. Sebelum migrasi dari siaran TV analog ke siaran TV Digital ada baiknya pahami dahulu apa itu siaran TV digital dan cara merubah siaran analog ke siaran Tv digital. Tujuannya agar tidak terjadi salah persepsi dan bingung mengenai siaran Tv digital.

Apa itu TV digital ? TV Digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan suara, gambar dan data ke televisi. Modulasi digital tersebut akan melakukan perubahan pada gelombang periodik sehingga sinyal mampu membawa informasi berupa suara dan gambar. Sebelum menonton siaran TV digital dari tv analog pastikan dahulu bahwa daerah atau tempat Anda tersebut benar-benar sudah terdapat siaran TV digital. Jadi bagi Anda sekarang ini yang memiliki TV analog tidak perlu terburu-buru untuk membeli televisi baru di rumah.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat tv analog dapat menerima siaran tv digital yaitu diperlukan sebuah tambahan perangkat di dalamnya yaitu STB (Set Top Box) yang mampu menangkap sinyal DVB-T2 dan fungsi dari perangkat ini untuk mengkonversi sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet kedalam format analog agar dapat ditampilkan ke siaran TV analog.

Berikut cara yang dilakukan agar beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital dibawah ini :

1. Memastikan terlebih dahulu daerah Anda sudah di cover atau terdapat siaran televisi digital
2. Gunakan antena rumah seperti antena UHF ataupun antena dalam rumah.
3. Pasang STB atau Set Top Bob yang menerima siaran digital DVB-T2
4. Sambungkan semua perangkat tadi dan pilih pengaturan atau setting
5. Kemudian pilih auto scan atau scan otomatis untuk memindai program siaran TV digital

Untuk siaran tv digital dan analog terdapat perbedaan yang signifikan yaitu kualitas gambar dan suara dari siaran TV digital sangat tajam dan berbintik tentunya.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan STB (Set Top Box) TV Digital gratis, untuk mendapatkan secara gratis maka melalui Kominfo ada syarat yang harus dipenuhi yaitu seperti termasuk warga miskin dan ini tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial, memiliki E-KTP, tempat tinggal dalam cakupan ASO dan memiliki TV analog.

Jika syarat tersebut sudah terpenuhi selanjutnya tinggal menunggu distribusi bantuan STB TV digital . Nantinya dari pihak petugas sendiri akan melakukan verifikasi serta validasi data penerima bantuan STB sesuai dengan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk dan kemudian dilanjutkan dengan proses serah terima perangkat STB dengan menandatangani berita acara tanda terima yang sah. Sekedar informasi bagi Anda yang memang ingin membeli STB TV digital, maka sebaiknya carilah STB yang sudah disertifikasi oleh Kominfo agar tayangan siaran TV digital tidak terjadi gangguan atau kendala pada siaran TV digital Anda.

Itulah tadi informasi mengenai cara beralih dari TV analog ke TV siaran digital. Dengan siaran TV digital membuat gambar dan suara televisi menjadi lebih jernih dan tajam. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua.