APPONSEL.COM

Blog yang memberikan informasi tentang android, gadget, smartphone serta spesifikasi terbarunya

Cara Membuat Kolase Yang Menabjukkan Dengan PhotoGrid

Apponsel Com

Pada tanggal 21 Juli 2016 kemarin, Google Play berhasil melakukan pembaruan pada aplikassi pengedit foto bernama Photogrid. Jika dilihat dari namanya, mungkin Anda berfikir bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagi pengedit kolase saja. Namun Anda salah! Sebenarnya aplikasi ini juga dapat mengubah foto Anda menjadi lebih artistik dengan filter yang ia miliki loh.

Dan yang lebih menabjukkan lagi, aplikasi PhotoGrid ini mendapatkan peringkat satu sebagai aplikasi kolase terbaik di 11 negara ternama. Aplikasi pengedit foto ini juga mendapatkan peringkat ke lima di 46 negara lainnya. Wah, sangat luar biasa, bukan?

Untuk mendapatkan PhotoGrib juga sangat mudah loh. Anda hanya perlu menyediakan ruang tempat penyimpanan sebesar 46,18 MB. Cara pengunduhannya pun sangat mudah. Cukup pergi ke Google Play dan cari aplikasi tersebut pada kolom search, maka Anda sudah bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. 

PhotoGrid

Selain dapat mengedit foto menjadi collage atau kolase, Anda juga bisa mengedit foto tersebut menjadi gambar yang lucu dengan stiker menarik yang disediakan oleh aplikasi ini. Penasaran? Jika Anda ingin tahu bagaimana menggunakan aplikasi ini dan apa saja fungsi dari setiap menunya, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Review Aplikasi Kolase PhotoGrid

Apa Itu PhotoGrid ?

Mungkin sekilas Anda telah mengetahuinya dari deskripsi diatas. Ya, PhotoGrid adalah aplikasi pengedit foto guna mengubahnya menjadi kolase secara gratis. Tak hanya berfungsi sebagai kolase, aplikasi PhotoGrid ini juga dapat Anda gunakan sebagai pengedit warna dan pencahayaan pada foto. Anda juga bisa menambahkan foto tersebut dengan berbagai stikers lucu dan menarik yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut. 

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang sama seperti snapchat. Sehingga apabila Anda ingin menghasilkan foto layaknya menggunakan lenses snapchat, Anda juga bisa menggunakannya dengan Photogrid ini. 

Sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai aplikasi ini. Dan disebut-sebut aplikasi PhotoGrid tersebut dijuluki sebagai aplikasi terpopuler tahun 2016 ini. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu yang singkat aplikasi ini sudah mampu narik hati para pengguna hingga 5.699.883 orang. Wah, sangat keren ya ?

Sama seperti aplikasi lainnya, PhotoGrid juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik loh. Diantaranya seperti menu Home, Joined PhotoGrid, Select Picture, Search, dan Profil. Dan mungkin Anda juga belum mengetahui apa saja fungsi dari menu-menu tersebut. Berikut ulasannya!

Cara Penggunaan dan Fungsi Setiap Menu Dari Aplikasi PhotoGrid

Dan saat ini saya akan menjelaskan kepada Anda, apa saja fungsi dan bagaimana cara menggunakan tiap-tiap menu pada aplikasi tersebut. Ya, seperti yang kita ketahui dari deskrips diatas, bahwasannya aplikasi ini memiliki lima menu dengan fungsi dan item yang berbeda. Berikut cara penggunaan dan fungsi dari setiap menu tersebut:

Menu Home

Pada saat pertama Anda menggunakan aplikasi ini, maka tampilan awal yang akan Anda lihat adalah menu Home. Apa fungsi dari menu tersebut? Menu Home ini memiliki fungsi sebagai pusat atau desktop dari aplikasi PhotoGrid ini. Pada menu ini lah Anda bisa memilih jenis pengeditan seperti apa yang akan dilakukan. Pada menu ini juga Anda bisa melihat berbagai karya hasil editan dari akun-akun ternama yang dikelompokkan berdasarkan hastags terpopular. Contohnya seperti #art, #Flowercrown, #nature, #colorsplash dan masih banyak lagi.

Selain itu, fitur pengeditan yang telah disediakan terdiri dari enam item. Diantarannya fitur Grid yang dapat Anda gunakan sebagai objek editor foto menjadi kolase. Foto yang bisa dimasukkan juga sangat terbatas. Anda hanya bisa menambahkan foto sekitar 15 foto saja untuk menjadikannya sebagai foto kolase. Atau jika Anda bosan dengan foto yang ada, Anda bisa memotretnya secara langsung dengann menekan tombol kamera pada bagian ujung kanan atas layar.

Selanjutnya fitur Filter yang berada pada urutan kedua. Ya, fitur tersebut sedikit berbeda dengan fitur sebelumnya. Karena foto yang akan diedit dengan menggunakan fitur ini tidak dapat dijadikan kolase. Melainkan diedit warna dan pencahayaan dari foto. Namun, bagai Anda yang ingin mengunggahnya pada Instagram. Foto tersebut akan diberi bingkai dengan warna yang Anda tentukan secara otomatis.

Tak hanya itu, fitur Filter ini juga memiliki fitur pengeditan lainnya loh. Seperti Latar untuk mengganti warna atau gambar background. Stiker untuk menambahkan berbagai stiker lucu dan unik. Teks untuk menambahakn tulisan yang diinginkan. Kekaburan untuk mengganti background bingkai menjadi blur. Potong untuk memangkas foto tersebut. Retus sebagai mengeditan cahaya. Tata letak untuk menambahkan bingkai-bingkai lucu. Batas untuk mengatur bentuk bingkai. Gambar untuk memberi sedikit lukisan atau gambaran tangan. Dan fitur Gambar yang paling ujung untuk menambahkan foto lainnya.

Sekarang kita beralih pada tampilan awal aplikasi ini. Ya, pada urutan ketiga terdapat fitur Kamera Selfie yang bisa digunakan sebagai pengambilan foto secara langsung. Selanjutnya terdapat fitur Slide video yang dapat Anda gunakan sebagai pengedit foto menjadi video dengan efek dan tema yang unik. Apakah Anda ingat aplikasi bernama Flipagram? Ya, seperti itu lah fungsi dari fitur ini. Kemudian juga terdapat menu Gaya Bebas untuk menghasilkan foto kolase, namun dalam bentuk yang tidak beraturan. Template untuk mengubah foto menjadi sebuah template seperti majalah, koran dan lain-lain. Berikutnya ada fitur Stripfilm yang dapat digunakan sebagai objek pengeditan foto menjadi susunan strips. Dan yang terakhir terdapat fitur Activities yang berfungsi sebagai fitur perkumpulan para karya terupdate.

Menu Joined PhotoGrid

Jika pada sebelumnya Anda bisa menggunakan menu Home secara offline, lain halnya dengan menu yang satu ini. Karena pada menu Joined PhotoGrid ini Anda harus menghubungkan perangkat dengan koneksi internet. Setelah itu, barulah Anda bisa melakukan penggabungan dengan menu tersebut. Dalam kata lain fungsi dari menu ini adalah sebagai pengubung antara pengguna dengan aplikasi.

Menu Select Picture

Sama seperti menu Hone yang sebelumnya, menu Select Picture ini juga dapat digunakan sebagai objek pengeditan foto atau gambar. Namun, hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus memilih foto atau gambar yang akan diedit terlebih dahulu. Setelah itu barulah Anda bisa memilih jenis pengeditan seperti apa yang akan digunakan.

Menu Search dan Profil

Sesuai dengan namanya, menu ini memiliki fungsi sebagai pencari gambar, akun serta hastags apa yang ingin Anda ketahui. Selanjutnya terdapat menu bernama Profil. Ya, mungkin Anda sudah mengetahui apa fungsi dari menu tersebut, bukan? Betul sekali! Menu Profil ini biasa digunakan sebagai penyimpanan data diri Anda pada aplikasi PhotoGrid ini. Namun Anda harus melakukan penambahan akun terlebih dahulu agar dapat menggunakan menu ini.

Itulah review dan fungsi dari setiap menu yang terdapat pada aplikasi PhotoGrid ini. Semoga apa yang telah saya informasikan ini dapat membantu Anda dalam mengedit atau bahkan cara menggunakan aplikasi ini ya. Selamat mencoba.