Blog yang memberikan informasi tentang android, gadget, smartphone serta spesifikasi terbarunya

iOS 10 Sudah Tersedia, Ini Cara Mengunduh dan Menginstalnya

Apponsel Com

iOS 10 Sudah Tersedia, Ini Cara Mengunduh dan Menginstalnya - Pada bulan september 2016 ini secara terang-terangan Apple mengumumkan secara resmi telah merilis versi OS terbarunya yang merupakan versi terakhir dari iOS 10. Dengan perilisan OS Apple yang terbaru ini tentunya pengguna iPhone di dunia saat ini dapat menggunakan OS terbaru tersebut. Sama seperti sebelumnya, iOS 10 ini pun bisa diunduh secara gratis. Yang mana ada dua cara yang dapat anda pakai untuk mengunduhnya, yakni lewat pembaruan OTA atau bisa juga memanfaatkan aplikasi iTunes. 

Untuk iOS 10 ini juga akan dibekali dengan beberapa perubahan serta fitur-fitur terbaru khususnya untuk ponsel iPhone. Beragam peningkatan versi dan fitur pun akan diberikan oleh Apple pada iOS 10 nya ini, yang termasuk juga iMessage terbaru, widget yang lebih bagus, aplikasi Maps dengan desain yang baru, asisten digital Siri yang lebih cerdas, dan lainnya.

Fitur iMessages yang terbaru ini sudah diperkaya dengan beragam pilihan emoji terbaru dan juga fitur yang berisikan percakapan dengan tautan berupa gambar. Dengan memanfaatkan iMessage ini, pengguna juga dapat berbagi sticker melalui aplikasi messenger line. Dimana sticker itu dapat kamu unduh lewat App Store yang sudah tersedia di menu gadget kamu.

Sebelum kamu menginstal ataupun mengunduh iOS 10 ini, beberapa hal ini tentunya harus kamu ketahui terlebih dahulu, seperti misalnya memeriksa compatibility aplikasi di ponsel anda, lalu melihat kondisi ruang media penyimpanan dan sebagainya. Dan untuk mengetahui secara lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan hal-hal yang wajib kamu perhatikan sebelum kamu mengunduh dan menginstal iOS 10.

Cara Mengunduh dan Menginstal iOS 10.
iOS 10 Sudah Tersedia

  • Memperbarui Aplikasi.
Bila kamu memperbarui aplikasi yang sudah terinstal di ponsel Apple, sebaiknya kamu lakukan sebelum kamu mengunduh iOS 10 tersebut. Karena dengan cara ini kamu bisa memastikan bahwa aplikasi yang akan kamu perbarui tadi sudah mendukung dengan iOS 10. Karena bisa jadi aplikasi versi lama itu tidak cocok dengan iOS 10 ini. Maka dari itu untuk menghindari kesulitan tersebut sebaiknya kamu terlebih dulu memperbarui aplikasi lama pada ponsel Apple kamu. Cara ini cukup sederhana, yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka App Store, cari ikon yang berhuruf A yang ada dalam lingkaran. Lalu kamu bisa pilih tab paling bawah dan pilih Updates. Bila ada update aplikasi, kamu tinggal langsung klik tombol update. Kemudian kamu bisa refresh di halaman update tadi dengan cara mengusapkan layar yang diarahkan kebawah. 
  • Memeriksa Compatibility.
Perusahaan Apple sendiri memang mengatakan bahwa iOS 10 ini hanya bisa dipasang untuk gadget Apple tertentu saja. Yang berarti ada beberapa ponsel Apple yang tidak bisa menggunakan iOS 10 ini. Beberapa ponsel Apple yang sudah mendukung iOS 10 tersebut antara lain yaitu iPad Mini 2, iPad mini 3, iPad mini 4, iPhone SE, iPhone 5C, iPhone 5, iPad 12.9, iPad Pro, iPad Air 2, iPod Touch 6, iPhone 6s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus. Dan untuk perangkat Apple yang belum mendukung iOS 10 tersebut diantaranya iPhone 3G, iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 3Gs.
  • Membackup Data Ponsel.
Saat berlangsungnya update iOS, meskipun sistem di ponsel tidak akan menghapus aplikasi serta data penggunanya, tapi ada baiknya kamu membackup data lebih dulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Paling tidak bila ada kesalahan saat proses update tersebut, kamu masih menyimpan data yang sudah dibackup tadi. Bila kami memilih untuk backup melalui iCloud, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur iCloud pada bagian pengaturan. Kemudian fitur itu tinggal kami aktifkan, lalu tekan tombol back up now. Akan tetapi yang perlu kamu ingat adalah jumlah data yang tersimpan pada iCloud versi gratis yaitu sebanyak 5 GB. Yang juga harus kamu catat adalah saat kamu ingin melakukan backup ini, ada baiknya kamu menghungkan koneksi internetnya lewat Wifi, supaya lebih menghemat biaya paket data di ponsel. 

Dan bila kamu ingin memakai saran PC, sambungkan iPhone milik kamu dengan menggunakan kabel data bawaan ponsel iPhone milikmu. Setelah itu kamu klik kanan dinama perangkat yang akan dibackup, dan yang terakhir pilihlah menu backup. Secara otomatis iTunes akan menyimpanan atau mengamankan data-data ke dalam perangkat PC milik kamu. Dan satu hal lagi yang perlu kamu ingat, jangan lupa untuk centang kotak encrypt backup.
  • Mengosongkan Memori Penyimpanan.
Perlunya ruang memori penyimpanan di perangkat iPhone saat ingin menginstal iOS 10 tentunya cukup bervariasi, tergantung pada kapasitas memori perangkat iPhone yang anda gunakan saat ini. Tapi untuk rata-rata kamu harus mempersiapkan ruang kosong dalam memori penyimpanan sekitar 2GB. Sebelum kamu berniat untuk mengunduh iOS 10, ada baiknya kamu memeriksa ruang kosong memori penyimpanan yang masih tersedia. Yang antara lain caranya yaitu dengan memindah semua data baik itu foto atau video kedalam cloud ataupun media penyimpanan lain. 

Cara Perbarui iOS lama ke versi iOS 10.
iOS 10

Untuk mengupdate iOS pada perangkat ponsel iPhone anda, ada dua cara yang harus kamu praktekkan untuk memperbarui sistem operasi versi lama versi iOS 10 yakni dengan menggunakan iTuness ataupun update OTA.

Cara kesatu, ini tentunya bisa dipraktekkan dengan sangat gampang. Pada saat iOS 10 sudah dirilis, pengguna ponsel buatan Apple yang kebagian versi update ini akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis. Saat pesan pemberitahuan tersebut muncul, kamu hanya perlu menyetujui saja, yang kemudian proses pembaruan aplikasi akan berjalan. Selain itu kamu pun bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu pengaturan, pilih general lalu software update. Bila perangkat kamu sudah mendukung iOS 10, maka pembaruan tersebut akan tampak pada menu software update tersebut. Yang selanjutnya kamu tinggal memilih unduh, lalu pilih Install to Upgrade iOS, kemudian kamu ikuti instruksi yang tampil pada layar tersebut.

Cara Kedua, adalah kamu terlebih dulu memasangkan iTune versi terbaru pada PC. Selanjutnya sambungkan iPhone kamu menggunakan kabel data ke PC tersebut, lalu buka iTunes. Setelah itu, kamu akan melihat popup pemberitahuan ketersediaan untuk update ke iOS 10. Caranya klik perintah unduh dan Install, supaya bisa langsung memperbaruinya. Dan bila popup tadi tidak juga tampak, yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengklik icon iPhone pada menu perangkat iTunes. Lalu lanjutkan dengan mengklik tulisan Check for Update. Dan selama proses berlangsung, pastikan perangkat iPhone agar tetap tersambung ke PC sampai proses selesai.

Mudah-mudahan dengan kamu membaca cara menginstal dan mengunduh iOS 10 ini, bisa mempermudah kamu saat melakukan update iOS 10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.