Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Untuk Mengembalikan File Foto dan Data Penting Yang Terhapus di Android

Semua ponsel android mempunyai penyimpanan yang ada didalam untuk menyimpan file android serta file penting yang kita simpan kedalam android. Penyimpanan di android itu sendiri ada tiga yaitu di kartu, memori internal dan SD Card atau memori eksternal. Kamu pernah menyimpan file atau data penting seperti foto, video dan juga aplikasi yang kamu simpan kedalam ponsel android kamu itu sendiri. 

Lalu bagaimanakah jika file penting kamu terhapus dari penyimpanan android kamu ? kamu pasti panik dan bertanya-tanya , dan bingung harus mau bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di android kamu tadi. Pertama kamu tidak perlu panik dan cemas karena file yang terhapus tersebut pasti bisa dikembalikan seperti semula. Tentunya disini akan dilakukan cara mudah agar file penting di android kamu bisa kembali ke tempat penyimpanan android tersebut.

File Yang Terhapus di Android

Sebelum saya menjelaskan caranya, ada beberapa hal penting yang bisa menyebabkan file di android bisa terhapus , berikut hal-halnya :
  • Sengaja menghapus pesan, kontak, foto dan data-data dari Android
  • Data hilang setelah rooting perangkat Android.
  • Flashing ROM pada perangkat Android.
  • Data terhapus setelah mengembalikan Android ke pengaturan pabrik.
  • Perangkat rusak atau tidak dapat mengakses data pada Android.
Itu beberapa hal yang menyebabkan file di android kamu bisa terhapus, jadi kamu harus pastikan ponsel android kamu tetap baik-baik saja dan selalu memperhatikan kondisi ponsel android kalian masing-masing supaya tetap aman dan nyaman saat kamu gunakan setiap saatnya.

Ada beberapa cara untuk yang dapat membantu kamu dalam mengembalikan file, foto dan data penting yang terhapus dari android. Mari kita bahas satu persatu secara pelan-pelan agak kamu bisa mengerti caranya.

Cara Mengembalikan File, Foto Dan Data Yang Terhapus Di Android Untuk Perangkat Yang Belum Di Root

Jika android kamu belum pernah sama sekali di root maka disini kita gunakan aplikasi untuk mengatasinya, yaitu dengan aplikasi bernama Recuva. Aplikasi recuva ini sangat keren lo dalam mengembalikan file yang terhapus dari android. Aplikasi ini dikhususkan untuk mengembalikan file yang sebelumnya terhapus dan tidak bisa dikembalikan tentunya.

Aplikasi Recuva di Android

Aplikasi recuva ini sebenarnya digunakan untuk pc komputer namun sekarang aplikasi juga sudah bisa digunakan didalam android dalam menangani masalah file yang terhapus. Untuk aplikasi recuva kami bisa mengunduh disini.

Setelah kamu unduh, berikut langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Hubungkan Android ke PC dengan kabel USB atau Card reader.
  2. Pastikan memori Android sudah terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva.
  3. Pilih jenis file yang ingin dikembalikan, pilih All files jika kamu ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  4. Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location jika ingin memilih lokasi memori. Pilih I'm Not Sure jika kamu lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  5. Klik centang pada Enable Deep Scan jika kamu ingin pencarian file yang lebih mendalam.
  6. Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Sekarang yang harus kamu lakukan adalah menunggu sampai file yang terhapus ditemukan.
  7. Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva, maka tugas kamu adalah mengeklik centang pada file tersebut, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  8. Lalu pilih di drive mana kamu akan menyimpan file tersebut, misalnya di photo, lalu klik OK.
  9. Setelah selesai pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke android kamu.
  10. Selesai

Itu tadi cara mengembalikan file terhapus dari android menggunakan aplikasi recuva. Mungkin cara ini agak sedikit ribet ya, tapi tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain selain menggunakan aplikasi recuva.

Cara Mengembalikan File, Foto, Dan Data Yang Terhapus Di Android Untuk Perangkat Yang Sudah Di Root

Jika android kamu sudah pernah diroot maka cara ini akan lebih mudah dilakukan untuk mengembalikan file di android yang terhapus tentunya. Caranya seperti dibawah ini :

1. Undeleter recover file dan data

Aplikasi undeleter recover file ini adalah aplikasi yang juga mampu dalam mengembalikan file terhapus di android. Aplikasi ini gratis jadi tidak perlu membayar untuk menginstall aplikasi undeleter ini. Untuk aplikasi undeleter recover file ini mampu mengembalikan file seperti foto, video dan document yang terhapus di android.

Berikut langkah-langkahnya :
1.Silakan unduh aplikasinya di Google Play Store disini
2.Install dan buka aplikasinya.
3.Jika diminta akses root silakan tekan dan izinkan.
4.Kemudian pilih Restore File atau Restore Data (seperti SMS)

Undeleter Recover File

5.Pilih penyimpanan mana yang kamu ingin kembalikan datanya, internal storage atau eksternal storage.
6.Jika sudah akan ada 2 pilihan scan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. Untuk Journal scan, semua file yang terhapus akan di scan termasuk foto, video dan sms. Untuk Deep scan, kita bisa pilih sendiri file mana yang akan kita restore.

Undeleter Recover File Apk

7.Setelah memilih antara Deep atau Journal, tekan scan yang ada di pojok kanan bawah.
8.Tunggu beberapa saat hingga hasil scannya muncul.
9.Setelah muncul silahkan teliti satu persatu, file mana yang akan di kembalikan.
10.Jika sudah ditemukan file yang ingin dikembalikan, klik lalu tekan gambar kotak di pojok kanan atas lalu pilih Restore Item.

Undeleter Recover File Android

Selesai, file, foto atau data yang kamu inginkan sudah kembali ke penyimpanan android kamu.
Itulah cara mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android dengan aplikasi Undeleter.

2. Disk Digger undelete

Aplikasi Disk Digger undelete ini juga aplikasi yang digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus di android. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan data atau file berformat JPG, PNG dan MP4 sedangkan untuk format yang lain kamu harus menggunakan versi yang pro atau berbayar.

Berikut langkah-langkahnya :
1.Silakan unduh aplikasi DiskDigger di playstore lalu instal.
2.Jika diminta akses Root, pilih ijinkan
3.Akan ada peringatan Upgrade to Pro. Jika kamu tidak ingin upgrade pilih no thanks.
4.Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau External.
5.Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi, setelah itu tekan OK.

Disk Digger undelete

6.DiskDigger akan mulai memindai/scan berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.
7.Pilih berkas yang akan dikembalikan

Disk Digger

8.Lalu pilih Save local... Untuk memudahkan kita menemukan berkas yang sudah di kembalikan tadi dan selesai.

3. Dumpster - recycle bin

Aplikasi ini sebenarnya hanya untuk menampung file, foto dan data yang terhapus. Fungsinya sendiri hampir sama dengan Recyle Bin yang ada dalam komputer atau PC. Kita bisa mengembalikan data yang terhapus tersebut jika sebelumnya android kamu sudah terinstall aplikasi dumpster. Jadi aplikasi dumster ini adalah aplikasi untuk menanggulangi masalah file yang terhapus tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan file terhapus dari android dengan aplikasi dumpster :
1.Silakan kamu install terlebih dahulu aplikasi dumpster
2.Buka aplikasi dumpster.
3.Pertama kali kamu membuka aplikasi maka kamu disuruh memilih file mana saja yang ingin ditampung oleh aplikasi dumpster, silakan pilih sesuai keinginan kamu.

Dumpster

4.Semua file yang terhapus di android kita akan di tampung oleh dumpster sama seperti Recycle Bin di PC. Tetapi Dumpster telah mengkategorikannya berdasarkan folder.
5.Cari folder dan file yang ingin kamu kembalikan.
6.Setelah selesai mengembalikan file yang diinginkan, kamu bisa menghapus secara permanen file-file lainnya yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak memenuhi penyimpanan internal android. 

Dumpster Android

7.Cara menghapusnya, masuk ke menu pengaturan (atas kiri) dan pilih "Empty Dumpster."
8. Selesai
Ini lebih mudah di lakukan dari 2 aplikasi sebelumnya. Jadi tinggal kamu sesuiakan mana yang lebih tepat caranya menurut kamu dalam mengembalikan file ,foto dan data penting kamu yang terhapus dari android.
Itulah tadi beberapa cara untuk mengembalikan file foto dan data penting yang terhapus di android. Semoga cara ini bisa membantu kamu yang mengalami masalah file di android kamu yang hilang atau terhapus. Mudah-mudahan cara ini bisa membantu kamu dalam mengembalikan semua file-file penting yang terhapus di android kamu. Terima kasih.