Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Film Menggunakan Smartphone

Perkembangan teknologi kamera pada sebuah perangkat smartphone sekarang ini memang tidak hanya hadir sebagai penunjang sarana berfoto saja, akan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana perekaman video. Terlebih saat ini sudah banyak produsen smartphone yang menciptakan produk-produk smartphone dengan berbekal teknologi kamera canggih untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi video penggunanya yang menawarkan kualitas resolusi yang sangat bagus layaknya seperti kamera profesional. Kehadiran kamera pada sebuah perangkat smartphone dengan kualitas gambar Full HD atau Quad HD pada kenyataannya sangat memotivasi para pengguna smartphone untuk mulai menggunakan kamera smartphone sebagai sarana menciptakan sebuah karya film.

Dengan menggunakan kamera smartphone, tentu saja biaya yang dikeluarkan pastilah lebih hemat dibandingkan dengan membuat film dengan mengandalkan kamera profesional. Selain itu dengan menggunakan kamera smartphone ini anda pun bisa melakukan semua proses pembuatan sebuah film, mulai dari perekaman hingga proses pengeditan. Bicara tentang cara membuat film menggunakan kamera smartphone, untuk itu pada kesempatan ini kami pun akan memberikan beberapa cara sederhana untuk anda yang ingin mencoba membuat film menggunakan kamera smartphone. Berikut ulasannya!

Membuat film dari smartphone

Langkah dan Proses Membuat Film di Smartphone

1. Memilih Tipe Smartphone.
Ketika anda ingin melakukan perekaman video supaya menghasilkan kualitas yang apik pastinya yang pertama anda harus perhatikan yaitu mengenai jenis dan kualitas smartphone yang akan anda pakai. Maka dari itu perlu anda untuk memilih merk smartphone yang punya kamera dengan kualitas resolusi yang tinggi. Untuk langkah yang pertama adalah anda dapat menggunakan smartphone yang memiliki kamera dengan kemampuan perekaman video dengan resolusi Full HD atau HD. Contohnya seperti Samsung Galaxy S6 yang mampu merekam video dengan kualitas resolusi mencapai 1080 piksel atau 2160 piksel. Merk yang kami sebutkan ini cuma sebagai contoh saja, jadi tidak menutup kemungkinan untuk anda yang ingin punya kamera smartphone dengan kemampuan itu, sudah bisa digunakan untuk membuat film sendiri.

2. Aksesori Pendukung.
Sama halnya dengan membuat film yang memakai kamera profesional, membuat film dengan mengandalkan kamera di smartphone pun memerlukan dukungan dari beberapa aksesori. Yang mana aksesori pendukung tersebut seringkali dibutuhkan untuk menunjang pembuatan fil yang antara lain yaitu tripod, mikrofon, dan lensa. Ketiga aksesori tambahan ini akan dipakai guna mendukung supaya kualitas film bisa memperoleh hasil yang bagus dengan kualitas video yang lebih jernih. Diantara beragam jenis aksesori perekam suara, salah satu yang kami rekomendasikan yaitu iRig PRE. Dengan memanfaatkan aksesori ini sangat berguna sebagai penghubung mikrofon yang bsia langsung terkoneksi ke smartphone. Jadi anda tidak perlu cemas tentang harmonisasi yang dihasilkan dari audio hasil rekaman video tersebut.

3. Mengedit Film Langsung Lewat Smartphone.
Sesudah proses perekaman video berhasil anda selesaikan, langkah berikutnya anda juga perlu melalukan pengeditan video dari hasil rekaman tadi. Sebagian besar metode pengeditan video ini dijalankan dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada laptop atau komputer. Akan tetapi jika anda tidak ingin kesulitan saat menyalin hasil video rekaman ke laptop, anda bisa langsung mengeditnya cukup lewat smartphone saja. Karena sekarang ini sudah cukup banyak aplikasi editing video yang sudah dilengkapi fitur yang sebanding dengan aplikasi untuk perangkat komputer. Kami akan berikan contohnya adalah pengguna iOS juga bisa memanfaatkan aplikasi Pinnacle Studio yang berfungsi untuk menggabungkan video, menambah soundtrack, dan juga memberikan efek-efek. Sedangkan untuk pengguna Android jua bisa mengandalkan aplikasi VidTrim Pro yang sudah dibekali dengan fitur-fitur yang sama bagusnya. Aplikasi VidTrim ini juga bisa anda download secara cuma-cuma alias gratis, sehingga akan lebih mempermudah anda yang ingin menjajal cara kerja aplikasi ini.


Jika anda merasa tertantang untuk membuat film menggunakan kamera smartphone, tentunya anda perlu rajin mengasah kemampuan ini supaya hasil rekaman film yang anda peroleh bisa maksimal.