Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Terkoneksi Wifi

Sekarang ini kebutuhan internet merupakan suatu hal yang sangat penting bagi para pengguna smartphone. Dan tentunya dengan tersedianya jaringan koneksi internet yang lancar dan stabil tentunya hal ini akan semakin mempermudah para pengguna smartphone yang ingin menikmati dunia maya. Apalagi saat ini pengguna smartphone android tidak hanya bisa mengandalkan jaringan data seluler data saat ingin berkoneksi internet, namun bisa juga menggunakan akses koneksi internet melalui jaringan Wifi. Terlebih bagi seseorang yang memang setiap harinya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan dunia internet, tentunya jaringan Wifi sangatlah mereka butuhkan untuk menunjang keperluan browsing, bermain game, atau bahkan menikmati video streaming.

Mungkin sebagian pengguna smartphone lebih cenderung memilih jaringan Wifi ketimbang menggunakan jaringan internet provider atau melalui koneksi data seluler, tentunya karena menurut mereka jaringan Wifi lebih stabil, cepat, dan hemat dibandingkan melakukan koneksi internet menggunakan kuota data. Namun, meskipun demikian tetap saja ada juga kendala yang sering dialami oleh para pengguna smartphone android yang mana perangkat android secara tiba-tiba tidak bisa terkoneksi ke jaringan Wifi. Jika sudah seperti ini tentu saja kita harus mencari solusinya agar supaya Wifi di perangkat Android yang kita gunakan bisa terkoneksi dengan normal kembali.

Namun ternyata masih banyak pengguna android ketika mengalami masalah seperti ini, mereka tidak tahu cara mengatasinya. Nah, untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi beberapa tips tentang cara mengatasi wifi Android yang tidak bisa terhubung atau terkoneksi.

Android Tidak Bisa Terkoneksi Wifi

Cara Memperbaiki Wifi Android Tidak Bisa Terkoneksi Internet.

1. Lakukan Pengecekan Koneksi Jaringan.
Untuk mengetahui masalah yang terjadi pada koneksi Wifi android, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan koneksi jaringan dengan memastikan bahwa fitue Wifi di perangkat anda sudah benar-benar diaktifkan.  Karena cukup banyak juga pengguna yang memang lupa belum mengaktifkan fitur Wifi diperangkatnya secara tidak disengaja. Kemudian anda juga perlu melalukan pengecekan pada mode airplane. Karena jika fitur ini dalam posisi aktif, tentunya jaringan Wifi tidak akan bisa berjalan.

2. Memastikan Password dan nama Router Sudah Benar.
Apabila anda sudah berhasil melakukan langkah yang pertama tadi, namun jaringan Wifi di perangkat android anda belum juga bisa terhubung ke internet, biasanya penyebab lainnya yang menyebabkan gangguan seperti ini adalah karena perangkat anda terhubung ke jaringan yang salah. Maka dari itu, anda perlu memastikan bahwa perangkat androidmu sudah tersambung ke jaringan yang ada di wilayah tersebut. Jika anda mengguna modem Mifi, anda tentu perlu memastikan perangkat android yang sedang anda gunakan tersebut sudah terhubung dengan benar ke jaringan Mifi tersebut. Apabila anda sudah berhasil mengkoneksikan dengan router yang benar, jangan lupa juga untuk memastikan apakah jaringan tersebut menggunakan password atau tidak.  Karena biasanya pada beberapa penyedia layanan Wifi, akan diminta mengisikan password terlebih dulu untuk bisa terhubung ke jaringan tersebut.

3. Restart Perangkat Android atau Router.
Jika ternyata cara diatas tadi belum berhasil juga, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merestart perangkat androidmu. Untuk anda yang menggunakan jaringan pribadi, cara ini pun tetap harus dilakukan. Walaupun memang cara ini terkesan sepele, namun umumnya cara seperti ini cukup efektif untuk mengatasi masalah wifi android yang tidak bisa terkoneksi internet. Setelah anda berhasil melakukan restart, dan perangkat pun telah menyala, anda bisa mencobanya untuk mengkoneksikannya kembali. Dan lihat hasilnya apakah sudah berhasil atau belum.

4. Menghapus Jaringan yang Terdeteksi.
Apabila ternyata cara yang ketiga tadi belum bisa  juga mengatasi masalah koneksi Wifi di perangkat androidmu, anda cobalah untuk melakukan cara berikutnya, yakni dengan menghapus jaringan yang akan dihubungkan tersebut. Dan kemudian, cobalah untuk menyambungkannya kembali. Untuk melakukan cara ini, anda hanya tinggal mengetuk jaringan yang akan dihapus, lalu pilih 'Forget'. Jika anda ingin terhubung kembali ke jaringan tersebut, anda perlu menghubungkannya lagi dari awal, termasuk juga saat memasukkan password.

5. Lakukan Factory Reset.
Untuk cara ini adalah langkah terakhir, sebab dengan melakukan cara ini akan menyebabkan terhapusnya semua data yang tersimpan didalam perangkat android yang anda gunakan. Meski demikian, namun cara ini perlu dicoba, karena dengan melakukan factory reset tentunya semua bug yang pada setiap aplikasi akan secara otomatis terhapus. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan cara ini, pastikan terlebih dulu bahwa semua data-data anda sudha di backup. Cara melakukannya adalah dengan membuka 'Settings', lalu bukalah menu 'Back up and reset', kemudian pilihlah 'Factory Data Reset'. Pada saat perangat sudah menyala kembali, anda bisa langsung menghubungkan perangkat anda ke jaringan Wifi. Namun perlu diingat, untuk cara terakhir ini baru anda lakukan apabila keempat cara diatas tadi belum juga berhasil.

Sekian dulu artikel yang bisa disampaikan oleh blog apponsel, mudahan kali ini informasi yang disampaikan benar-benar dapat membantu dan mengatasi masalah android kamu yang susah sekali terkoneksi ke wifi. Sukses selalu ya.