Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Growth Hacking Kunci Sukses Untuk Pertumbuhan Startup

kunci growth hacking

Ditengah perkembangan kemajuan digital ini ada banyak peluang yang bisa dijadikan sebagai modal awal dalam membangun bisnis baru salah satunya membangun bisnis startup. Untuk membangun serta menjalankan usaha maupun bisnis biasanya sangat membutuhkan yang namanya strategi ataupun eksperimen. Gunanya untuk mendapatkan sebuah terobosan terbaru agar bisnis baru bisa dijalankan dengan baik sesuai dengan kondisi atau keadaan saat sekarang ini.

Salah satu yang banyak dikenal dalam mempercepat dikenalnya sebuah bisnis baru tersebut yaitu menggunakan kunci growth hacking. Istilah ini memang banyak dikenal oleh para startup dalam membantu proses pertumbuhan serta penjualan produk-produknya. Namun, tidak semudah yang dibayangkan ternyata growth hacking ini membutuhkan proses yang memakan banyak energi yaitu terutama dalam pendekatan dan analisis data.

Growth Hacking adalah bagian penting dalam strategi startup karena banyak cakupan di dalamnya mulai dari eksperimen yang melibatkan jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan dan unsur bisnis lainnya dalam mendapatkan cara agar pertumbuhan produk menjadi efisien.

Lalu muncul pertanyaan. Bagaimana cara agar menjadi seorang growth hacker? untuk menjadi bagian dari growth hacker maka harus sudah menguasai pemahaman dalam bidang marketing, desain produk serta pemrograman. Karena semuanya ini merupakan kombinasi dari marketing, data, serta teknologi. Kombinasi inilah yang harus dipenuhi agar pertumbuhan bisnis lebih dikenal oleh orang sehingga tujuan bisa dicapai.

Berikut ini beberapa strategi dari growth hacking yang terbagi dalam tiga bagian utama yaitu :

1. Content Marketing

Langkah pertama yaitu mulai menggunakan content marketing sebagai taktik yang terbilang cukup ampuh dan sama sekali tidak memerlukan biaya yang besar. Karena konten yang berkualitas, berinovasi dan menarik biasanya menjadi daya tarik tersendiri dalam mendatangkan lead yang berkualitas. Salah satu contoh content marketing yang kita lihat yaitu artikel dari website/blog isi konten media sosial, email marketing, infografis hingga video.

2. Product Marketing

Product marketing salah satu cara membuat produk menjadi lebih menarik dan mempunyai cara inovasi terbaru dalam membangun basis penggunanya. Salah contoh dari produk marketing ini seperti sistem pendaftaran bagi pelanggan tertentu dan menawarkan program refferal sebagai bentuk keuntungan bagi pengguna lama maupun baru.

3. Advertising

Growth hacking tentunya ikut memanfaatkan periklanan dalam membantu memperkenalkan bentuk bisnis Anda. Cara ini menjadi sangat efektif dalam meningkatkan sebuah brand awareness. Caranya bisa menggunakan PPC atau pay per click (Google Ads) ataupun Facebook Ads.

Dari 3 bagian di dalam strategi diatas tadi, maka harus mampu menerapkan point tahapan berikut ini  :

  • Perusahaan harus mencari ide atau cara dalam memperkenalkan sebuah bisnis produk kepada para calon pelanggan
  • Mampu memberikan sebuah pengalaman yang memuaskan ataupun menyenangkan saat trial atau uji coba produk pertama kali oleh calon pelanggan.
  • Mencari cara agar pelanggan mau atau datang kembali menggunakan produk tersebut
  • Bagaimana cara perusahaan dalam memonetasikan
  • Perusahaan harus menyiapkan cara agar pelanggan mau memberitahukannya kepada orang lain dari produk yang telah dicoba sebelumnya.

Beberapa Cara Dalam Menerapkan Strategi Growth Hacking

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kunci kesuksesan dari growth hacking ini adalah bagaimana cara menerapkannya agar terjadi pertumbuhan yang baik dan cepat walaupun dalam prosesnya tersebut membutuhkan banyak energi dan waktu.

1. Membuat Daftar Email Sebelum Meluncurkan Produk

Daftar email ini harus ada sebelum melakukan perilisan produk. Email marketing ini bisa memberikan informasi dan mendapatkan pelanggan potensial dan bisa mengumpulkan subscriber atau pelanggan ke dalam list. Dengan begitu maka dengan mudah memperkenalkan produk secara luas dan tertarget tentunya.

2. Kolaborasi dengan Brand Lain

Kolaborasi atau kerja sama dengan brand lain secara tidak langsung ikut memperkenalkan produk-produk kepada orang lain sesuai dengan visi dan misi bersama serta menjangkau pelanggan yang baru.Kolaborasi inilah yang nantinya dapat membantu brand baru menjadi lebih cepat dikenal.

3. Membangun komunitas

Membangun komunitas merupakan langkah penting dalam menerapkan growth hacking. Media sosial sebagai sarana komunikasi dari komunitas bisa dimanfaatkan jika ingin membuat brand menjadi kuat di kalangan komunitas. Dengan membuat konten yang menawarkan interaksi yang baik maka otomatis bisa meningkatkan engagement tentunya.

4. Memanfaatkan Program Referral

Program referral ini cukup membuat banyak orang tertarik terutama pengunjung baru. Dengan bergabung dalam program ini otomatis membuat jumlah pengguna baru juga semakin meningkat, serta berikan juga keuntungan bagi mereka yang mau bergabung agar mereka semakin tertarik untuk mencobanya.

5. Kerja sama dengan Influencer

Influencer adalah strategi pemasaran yang saat ini cukup banyak dilakukan oleh banyak brand. Produk yang diperkenalkan oleh influencer tentunya akan menarik minat para followers atau pengikutnya. Cara ini cukup mudah, cepat dan tertarget. Namun cara ini membutuhkan biaya tidak sedikit karena semakin banyak pengikutnya maka akan semakin besar juga biaya yang dikeluarkan dalam memasarkan produk melalui influencer tersebut.

Itulah tadi informasi growth hacking kunci sukses untuk pertumbuhan startup.Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu para startup yang baru saja dibangun dan bisa langsung berkembang dengan cepat. Jangan lupa share atau bagikan artikel di ini di akun media sosial kalian ya.Good luck.