Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Elliptical Sentence dan Rumus-rumusnya

Elliptical Sentence

Sudah pernah mendengar tentang Elliptical sentence? Elliptical sentence atau yang biasa dikenal dengan kalimat elipsis merupakan kalimat gabungan yang terdapat dua atau lebih subjek yang berbeda. Meskipun subjeknya berbeda, tetapi masih memiliki predikat yang sama. Biasanya, kalimat elipsis digunakan untuk menghindari adanya pengulangan kata. Lebih dari itu, kalimat ini juga berfungsi untuk menyederhanakan suatu kalimat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis kalimat ini, berikut ulasan lengkapnya.

Macam-macam Elliptical Sentence

Berbicara tentang jenis-jenis dari kalimat elipis, ada banyak sekali macamnya. Untuk masing-masing jenisnya memiliki rumus yang berbeda-beda.Nah, untuk lebih jelasnya, simak rumus dari kalimat elipsis itu sendiri. 

1. Kalimat Gabungan Setara Positif

Sebenarnya, jenis kalimat gabungan setara positif tidak begitu berbeda dengan kalimat gabungan setara negatif. Hanya saja, kedua jenis kalimat ini memiliki rumus yang berbeda. Adapun rumus kalimat gabungan setara positif dengan Auxiliary adalah:

  • Subject 1+Auxiliary+Verb+and+so+Auxiliary+Subject 2
  • Subject 1 +Auxiliary+Verb+and+Subject 2+Auxiliary+too

Sementara itu rumus elliptical sentence gabungan setara positif tanpa Auxiliary adalah:

  • Subject 1+Verb+and+so+do/does/did+Subject 2
  • Subject 1+Verb+and+Subject 2+do/does/did+too

2. Kalimat Gabungan Setara Negatif

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat gabungan setara negatif tidak terlalu berbeda dengan kalimat gabungan setara positif. Adapun rumus untuk kalimat elipsis setara negatif dengan auxiliary adalah:
  • Subject 1+Auxiliary not+Verb+and+neither+Auxiliary+Subject 2
  • Subject 1+Auxiliary not+Verb+and+Subject 2+Auxiliary not+ Either

Sementara itu rumus kalimat gabungan setara negatif tanpa Auxiliary adalah:

  • Subject 1+ do/does/did not+ Verb+ and+Neither+do/does/did+Subject 2
  • Subject1+do/does/did not+Verb+and+Subject 2+do/does/did not+Either

Itu dia penjelasan mengenai pengertian dan rumus elliptical sentence yang biasa ditemui dalam bahasa Inggris. Bagi yang belum terlalu menguasai bahasa Inggris, mungkin rumus di atas terdengar lumayan rumit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengikuti kursus untuk memahaminya. 

Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di EF.co.id yang menawarkan kelas kursus berdasarkan kelompok usia. EF English First ini menawarkan berbagai program latihan berbahasa yang beragam dan pastinya mudah dipahami. Yuk, bergabung dengan EF sekarang!