Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal yang Wajib Dicoba Oleh Pengguna Ponsel Android

Beberapa Hal yang Wajib Dicoba Oleh Pengguna Ponsel Android - Tentunya sangat banyak sekali hal-hal yang dapat dicoba oleh para pengguna ponsel android untuk lebih memudahkan semua keperluan berponsel kamu. Semisal saat kamu memanfaatkan launcher untuk mempercantik tampilan layar pada ponsel kamu, ataupun bisa juga dengan menggunakan notifikasi lampu LED dan sebagainya. Dari beberapa pengaturan yang dapat kamu coba pada ponsel androidmu, beberapa hal ini pun juga wajib kamu coba. Berikut ini akan kami berikan empat tips yang harus dicoba para pengguna smartphone android.

Tips Bagi Pengguna Smartphone Android

Tips Android

  • Mengaktifkan Google Now On Tap.
Fitur Google Now On Tap ini sangat bermanfaat sekali sebagai pemberi informasi kontekstual yang akan tampil dilayar ponsel kamu, sehingga sangat berguna sekali buat kamu sebagai sarana atau media informasi tanpa perlu repot menggunakan pencarian di google. Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, sistem operasi di smartphone androidmu harus sudah didukung OS Android Marshmallow. Dan untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke pengaturan lalu pilih google, kemudian klik serach anda now. Dari situ kamu dapat memilih untuk bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Google Now On Tap ini.
  • Memanfaatkan Browser Chrome Untuk Menghemat Data.
Ponsel android memang punya browser bawaan yakni Google Chrome. Tapi mungkin diantara kamu ada yang belum tau jika Chrome ini punya settingan yang bisa menghemat pengguna data internet seluler. Dengan menggunakan pengaturan tersebut, penggunaan koneksi data seluler dapat diminimalisir. Cara yang dilakukan pun ternyata cukup mudah, yaitu dengan cara membuka google chrome lalu masuk ke menu pengaturan dan pilihlah data saver. Tapi ingat, jangan lupa untuk mengaktifkannya pada pengaturan data saver tersebut. Tidak cuma itu saja, kamu pun dapat mengehemat koneksi data dengan cara mengaktifkan fitur Wifi pada waktu koneksi data seluler kamu sedang mati. 
  • Mengatur Kunci Keamanan Layar.
Supaya lebih memaksimalkan keamanan di ponsel kamu, sebaiknya kamu perlu mengaktifkan lock screen security. Memang pengaturan ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna ponsel android, namun ada juga beberapa pengguna yang mengabaikan ponselnya tanpa perlu menggunakan pengaturan keamanan. Padahal sebenarnya bila ponsel kamu dicuri orang yang tidak bertanggung jawab, pengaturan ini sangat berguna sekali untuk melindungi semua data privasi yang ada di ponsel milikmu. Untuk mengaktifkan keamanan lock screen ini ada dua pilihan yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan PIN dan juga pola. Untuk mengatur keamanan tesebut, kamu masuk ke menu pengaturan, pilih security, lalu pilhlah lock screen. Disitu tinggal kamu pilih tipe keamanan yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Pengaturan Android Device Manager.
Android Device Manager ini adalah alat yang bisa kamu pergunakan sebagai sarana untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang dicuri. Melalui jarak jauh sekalipun, Android Device Manager ini pun bisa digunakan untuk mengunci ponsel kamu serta menghapus konten yang ada di dalam ponsel. Cara ini bisa kamu lakukan dengan masuk ke menu pengaturan, masuk ke security, lalu pilih Device Administrator. Kemudian setelah itu kamu tinggal mengecek kotak kolom disebelah Android Device Manager.
Tutorial Android

  • Mengoptimasi Daya di Ponsel.
Tidak perlu melihat versi Android apapun yang kamu kamu pakai saat ini, kamu akan tetap bisa mengoptimasi daya. Yang mana untuk cara pertama kamu bisa menonaktifkan adaptive brightness ataupun ambient display. Dimana pengaturan tersebut bisa merubah kecerahan layar di smartphone dengn menyesuaikan kondisi cahaya di area sekitar. Untuk menghemat daya baterai di smartphone, terlebih dulu kamu harus menurunkan tingkat kecerahan. Tidak cuma itu saja, beberapa UI Android keluaran paling terbaru pun sudah menawarkan mode hemat baterai yang bisa disesuaikan menurut pemakaian pengguna.

Dari beberapa tips android yang sudah kami sampaikan tadi, tentunya bisa coba kamu praktekkan pada ponsel android milikmu. Dan mudah-mudahan tips android diatas bisa bermanfaat bagi kamu semua pengguna smartphone android.