Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Hp Android yang Tidak Bisa Membuka Play Store

Mengatasi Masalah di Hp Android yang Tidak Bisa Membuka Play Store - Tentunya semua pengguna android pasti sangat akrab sekali dengan aplikasi yang bernama google play store ini. Namun apakah diantara anda ada yang pernah mengalami aplikasi play store ini tidak dapat berfungsi? Jika hal tersebut terjadi tentunya anda sebagai pengguna tentunya merasa sedkit kecewa ataupun kesal dengan masalah yang terjadi ini. Namun anda tidak perlu khawatir, jika anda mengalami masalah tersebut tentunya anda pun bisa melakukan beberapa trik supaya aplikasi google play store tersebut bisa berjalan dengan normal lagi. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui triknya, berikut kami akan berikan beberapa trik mengatasi play store yang error pada ponsel android anda.


Cara Memperbaiki Aplikasi Play Store yang Sulit Dibuka.
Play Store Tidak Bisa dibuka

  • Kosongkan Cache Data.
Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, Play store bisa berfungsi kembali dengan normal apabila anda sudah mengosongkan atau membersihan semua cache. Karena dengan anda membersihkan cache tersebut, aplikasi Play Store akan kembali dari awal lagi. Yang perlu dicatat, lewat trik ini anda tentunya akan menghilangkan informasi yang sudah tersimpan, termasuk masalah yang membuat Play Store tidak dapat berfungsi. Hanya mengingatkan saja, beberapa data pengguna seperti misal pengaturan, akun, serta informasi lain akan terhapus secara otomatis. Dan setelah anda berhasil membersihkan cache tadi, anda bisa masuk lagi ke akun play store untuk mengambil kembali data yang telah tersimpan di dalam server google.
  • Memeriksa waktu dan tanggal.
Pastinya google secara otomatis akan mencocokan tanggal pada ponsel anda dengan waktu yang ada pada  Play Store. Apabila jam di Play Store belum sama dengan waktu di ponsel yang anda gunakan tentu saja akan menimbulkan masalah. Karena server Google bakal kesulitan untuk mensinkronisasi dengan perangkat yang kamu gunakan, yang pastinya akan menyebabkan aplikasi Play Store akan sulit dibuka. Dan untuk mengatasi masalah ini, anda harus menyetel kembali jam, tanggal, bulan, dan tahun di ponsel anda. Anda harus memastikan pengaturan waktu tersebut sudah sesuai waktu saat ini.
Play Store Android

  • Menginstal Google Play Service Versi Baru.
Selain trik tadi, cara lain yang bisa membantu masalah ini yaitu dengan cara mengunduh dan menginstal Google Play Services maupun Play Store dengan versi yang paling baru. Dengan anda menginstal versi yang paling terbaru dari aplikasi ini, bisa dipastikan Play Store di ponsel anda akan kembali berfungsi dengan normal, yang tentunya dapat mengatasi masalah pada aplikasi Play Store tersebut. Yang pertama, anda harus pastikan Play Store yang barusan anda instal adalh versi yang paling terupdate. Lalu bukalah Google Play Store tadi dan tekan tombol menu. Dari situ anda bisa tekan settings dan pada bagian bawah general anda akan melihat tombol update Google Play. Kemudian anda tinggal tekan pembaruan aplikasi, dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Mengatur Ulang Akun Google.
Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur ulang akun google anda. Bila aplikasi Play Store masih tidak bisa dibuka, anda mungkin harus me refresh akun Google tadi pada ponsel android anda. Hal ini berarti akun Google yang ada di ponsel anda akan diatur dari awal lagi. Perlu anda ingat bahwa cara ini akan mereset semua akun google milik anda, dan tentunya dampaknya adalah anda akan kehilangan semua akun bila anda tidak melakukannya dengan hati-hati. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengklik setting-account-gmail dan klik menu pada bagian kanan atas, lalu klik remove account. Setelah itu ulangi kembalu cara tersebut, bedanya untuk yang berikutnya adalah dengan cara menambahkan akun gmail dan login dengan nama dan sandi yang sudah anda buat tadi.
  • Factory Reset.
Jika anda sudah melakukan semua cara-cara diatas tadi  tapi masih belum berhasil juga, maka pilihan satu-satunya yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara factory reset. Dengan menggunakan cara ini, semua data yang tersimpan dalam smartphone anda akan dihapus. Dan yang perlu anda lakukan sebelum menggunakan cara ini sebaiknya anda membackup terlebih dulu semua data-data pada ponsel anda. Yang mana untuk melakukan factory reset ini, anda langsung saja masuk di menu pengaturan, dan tap backup dan reset. Anda harus pastikan tombol slider backup ada pada posisi sedang menyala. Dan bila anda sudah yakin semua data tadi sudah berhasil dibackup, anda tinggal memulai proses reset tersebut.

Semoga trik dan tips dari kami ini bisa membantu anda saat mengalami masalah ponsel anda yang tidak bisa membuka Play Store.