Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Akibat Jika Perusahaan Tidak Menggunakan Cloud Service

Cloud service adalah salah satu teknologi terkini yang sangat diperlukan perusahaan saat ini. Sering disebut juga sebagai cloud computing, teknologi ini merupakan sistem yang menggunakan internet dalam mengoptimalkan penyimpanan data agar lebih efektif. Tak hanya digunakan sebagai penyimpanan data, sistem cloud pun mampu memberikan efek domino terhadap peningkatan bisnis. 

Sayangnya, saat ini cloud computing masih belum banyak diterapkan di perusahaan. Padahal, jika tidak segera menerapkannya, ada beberapa akibat yang bisa saja terjadi dan mungkin akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memahami akibat yang dapat terjadi jika tidak menggunakan teknologi cloud computing, terutama di era digital seperti saat ini. 

Pentingnya Cloud Service

Pada dasarnya, teknologi yang ada saat ini memiliki peranan besar terhadap perkembangan bisnis. Layanan cloud, yang merupakan teknologi terkini, menjadi salah satu aspek penting yang harus diaplikasikan pada perusahaan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi jika perusahaan Anda belum menggunakan layanan cloud. 

Kinerja tidak meningkat 

Saat ini, teknologi cloud service dapat mempengaruhi kinerja pegawai dalam perusahaan. Cloud computing dibuat dengan tujuan agar data-data perusahaan bisa disimpan, didistribusikan, dan diolah dengan cara yang lebih mudah. Karyawan bisa melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan layanan cloud selama terhubung dengan jaringan internet. 

Dengan cara ini, karyawan tidak perlu lagi mencari data-data yang dibutuhkan satu persatu. Cukup dengan membuka akses dari layanan cloud, semua hal yang diperlukan terkait data akan lebih mudah ditemukan. Kinerja karyawan pun tidak akan terhambat. Itulah mengapa, jika perusahaan belum menggunakan cloud service akan memperlambat pekerjaan karyawan. 

Biaya operasional membengkak 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, layanan cloud berguna sebagai penyimpanan data perusahaan. Selama ini, penyimpanan data dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan atau ruang penyimpanan yang ada pada komputer. Anda pasti tahu bahwa ruang penyimpanan dalam perangkat keras bersifat terbatas. 

Padahal seiring dengan berjalannya waktu, data perusahaan akan terus bertambah. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang diperlukan untuk menambah kapasitas ini. Lain halnya ketika Anda menggunakan cloud, sudah tentu Anda tidak lagi memerlukan perangkat tambahan. Kapasitas cloud bisa dibuat tidak terhingga atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Keamanan data tidak terjamin 

Akibat paling buruk jika perusahaan tidak menggunakan layanan cloud adalah tingginya risiko keamanan. Dengan menyimpan di perangkat keras, kemungkinan data hilang dan rusak sangat besar karena sistem keamanan sangat rendah. Berbeda dengan cloud yang bisa ditambahkan pengaman khusus agar data tetap aman. 

Itulah beberapa akibat yang bisa terjadi jika Anda tidak menggunakan layanan cloud di perusahaan. Dapat dibayangkan bahwa akibat-akibat yang disebutkan di atas terlalu berisiko bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, segeralah menggunakan layanan cloud dengan menghubungi perusahaan cloud service di Medan, yaitu neuCentrIX.