Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Dari Aplikasi Pengirim Data SHAREit

Mungkin Anda pernah berada diposisi saat ingin mengirim file pada teman lain, lalu Anda mengirimkannya menggunakan Bluetooth. Jika hanya mengirimkan data berjumlah satu atau dua itu tidak masalah. Namun apa jadinya jika file yang akan dibagikan berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Ya, sudah pasti hal tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Melihat semua masalah tersebut, kini Google Play mulai menghadirkan aplikasi mengirim data smartphone dengan kecepatan yang sangat cepat. Aplikasi apakah itu? Aplikasi tersebut diberi nama SHAREit. Ya, SHAREit adalah salah satu aplikasi yang dirancang khusus guna mempermudah Anda dalam mengirim serta menerima data dari perangkat lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat dari ulasan dibawah ini.
Pengirim Data SHAREit
Pengirim Data SHAREit

Review Aplikasi SHAREit

Kali ini kita akan membahas review dari aplikasi pengirim file ini. kira-kira apa saja yang ada didalamnya ya? Yuk langsung saja simak rangkuman dibawah ini. Check this out!

Fungsi Semua Menu yang Terdapat Pada Aplikasi SHAREit

Walau memiliki desain yang sangat simple, faktanya aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai menu loh. diantaranya seperti menu Hamburger, Desktop, Histories, Send atau kirim, Terima atau receive, Hasil penerimaan, Featured Share, Undang serta iklan-iklan dari aplikasi lainnya.Meski terbilang banyak, tetapi tetap saja semua perintah yang dimiliki aplikasi ini sangat mudah untuk dimengerti. Berikut fungsi-fungsinya:

Fungsi Menu Hamburger

Dimana letak menu Hamburger? Menu hamburger adalah salah satu menu yang biasa terletak pada ujung layar dan memiliki simbol tiga garis horizontal atau tigak buah titik. Nah, pada aplikasi ini menu tersebut digambarkan dengan simbol tiga buah titik. 
Saat Anda menekan tombol tersebut, maka akan nambah profil serta fitur pengaturan lainnya. seperti fitur Sambungkan ke PC, WebShare, Bersihkan Sampah, Kunci Aplikasi, Pemutar Musik, Replikasi ponsel, Game SHAREit, Pengaturan, Periksa Versi Baru, Sukai Kami, Bantuan & umpan balik serta fitur Tentang.

Semua fitur tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda loh. Seperti fitur Sambungkan ke PC untuk menyambungkan perangkat SHAREit pada PC Anda. Fitur WebShare untuk membagikan file melalui koneksi internet. Fitur Bersihkan Sampah untuk membersihkan file cache yang ada. Fitur Kunci Aplikasi untuk mengunci aplikasi, Chat dan file mana yang akan di kunci keprivasiannya. Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya.

Fungsi Menu Desktop

Anda semua pasti tahu bahwa menu desktop ini akan Anda jumpai saat pertama kali Anda membuka aplikasi SHAREit ini. Menu ini juga dilengkapi dengan enam menu lainnya. seperti yang kita ketahui bahwa menu desktop ini mencangkup dari menu Hamburger, Histories, Send atau kirim, Terima atau receive, Hasil penerimaan, Featured Share, Undang serta iklan-iklan dari aplikasi lainnya. Sehingga dalam kata lain, menu Desktop adalah inti dari semua menu.

Fungsi Menu Histories dan Hasil Penerimaan

Menu Histories dan Hasil Pengiriman adalah dua menu yang berbeda namun memiliki fungsi dan fitur yang berhubungan. Jika menu Histories berisi berbagai riwayat yang telah Anda lakukan dalam aplikasi ini, disana pun terdapat fitur diterima yang berisikan daftar hasil penerimaan file.

Ya, dapat dikatakan bahwa menu tersebut saling berhubugan atau memiliki fungsi yang sama. Untuk dapat menggunakan menu Histories ini Anda bisa menekan tombol bersimbol jam pada bagian kanan atas layar. Sedangkan menu Hasil penerimaan ini sendiri berada pada bagian bawah menu Send and Receive.

Fungsi Menu Featured Share dan Iklan

Jika dilihat dari fungsinya sih, banyak orang yang mengabaikan menu ini. Karena isi dari menu tersebut hanyalah barisan iklan produk dan aplikasi yang menginginkan Anda untuk mengunduhnya. Jika Anda tertarik dengan iklan tersebut, Anda bisa langsung mengkliknya. Setelah itu Anda akan terhubung pada Google Play. Jika tidak, Anda bisa mengabaikannya.

Menu Send and Receive

Yang ketiga adalah menu send dan receive yang bereda pada tempat yang sama. Namun, fungsi dan tujuan dari kedua menu tersebut sangatlah berbeda. Menu Send digunakan untuk mengirim file pada perangkat lain dan menu Receive untuk menerima file dari perangkat lain. Nah, cara menggunakan menu tersebut juga sangat mudah loh. Ingin tahu? Saya telah menyediakan cara penggunaanya pada deskripsi dibawah.

Cara Menggunakan Aplikasi SHAREit

Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Karena semua perintah dan fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut begitu simple serta mudah dipahami. So, Anda tidak akan kebingungan saat menggunakannya. Dalam aplikasi ini hanya tersedia dua perintah yang dapat Anda gunakan sebagai penghubung antar teman. Yang pertama fitur pengirim file dan yang kedua ialah fitur penerima file. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut tata cara penggunaannya.

Cara Mengirim File :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan saat Anda ingin mengirim file adalah dengan menekan tombol “Kirim” atau “Send” pada tampilan desktop aplikasi. 
2. Setelah itu akan muncul permintaan untuk menghidupkan GPS atau Lokasi Anda. Itu hanya berlaku bagi Anda yang menggunakan perangkat berbasis Marshmallow. Tekan atur dan hidupkan informasi lokasi Anda.
3. Setelah itu layar akan berisi kumpulan berbagai aplikasi, file, video, foto dan musik.
4. Pilih semua data yang akan dikirim, kemudian tekan “Kirim”.
5. Secara otomatis aplikasi tersebut akan mencari perangkat terdekat yang Anda tuju.
6. Jika sudah nampak, tekan avatar tersebut dan tunggu hingga proses pengiriman selesai.
7. Selanjutnya tekan Finish.

Cara Menerima File :

1. Sama seperti perintah sebelumnya, Anda harus menekan tombol “Terima” atau “Recieve” pada layar.
2. Setelah itu, tampilan akan berubah menjadi gelombang penunggu pengirim.
3. Jika lawan perangkat sudah berhasil menemukan avatar Anda. Maka secara otomatis layar akan berubah menjadi tampilan pengiriman file.
4. Tunggu hingga proses selesai dan jangn berpindah kehalaman lainnya.
5. Setelah itu tekan Finish.

Nah, itulah review, fungsi item serta langkah-langkah penggunaan aplikasi SHAREit ini. Semoga semua review dan trik diatas dapat mempermudahkan Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.