Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengatasi Smartphone Android yang Sering Mati Sendiri

Cara Jitu Mengatasi Smartphone Android yang Sering Mati Sendiri | Setelah tadi kita membahas mengenai Cara Ampuh Melacak Hp Android yang Hilang maka kita lanjut ke Cara Jitu Mengatasi Smartphone Android yang Sering Mati Sendiri . Apabila anda mengalami situasi dimana smartphone yang sedang anda gunakan tersebut mendadak mati, pastinya anda akan langsung merasa cemas. Dan biasanya diwaktu yang bersamaan daya baterai di smartphone anda akan berkurang secara cepat. Ketika anda mengalami situasi seperti ini, dan ternyata anda tidak bisa menemukan stop kontak untuk mengisi ulang daya baterai smartphone yang membuat smartphone secara perlahan akan kehabisan baterai, pastinya anda akan merasa bingung. 

Untuk mencegah hal seperti ini supaya tidak terjadi pada anda, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa solusi agar anda bisa tetap memaksimalkan daya baterai smartphone agar bisa tetap menyala. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak beberapa tips berikut ini.

Android Mati Sendiri

Tips Mengatasi Smartphone yang Tiba-tiba Mati Sendiri.

1. Nonaktifkan Smartphone, Kemudian Aktifkan Lagi.
Ketika anda menemukan indikasi baterai menurun sampai 10 persen hanya dalam waktu beberapa menit saja, itu merupakan salah satu tanda perangkat ataupun baterai smartphone anda sudah tidak dalam kondisi normal lagi. Hal itu bisa jadi karena diakibatkan oleh salah satu aplikasi ataupun fungsi pada perangkat smartphone ada yang menguras baterai dengan sangat cepat. Satu cara yang terbaik untuk memperbaiki kejadian ini yaitu dengan cara melakukan hard reboot. Sebagian pengguna gadget mempercayai dengan melakukan cara ini smartphone anda akan dipaksa untuk berhenti beroperasi untuk sementara waktu. Pada ponsel iPhone, anda bisa melakukan kombinasi dengan cara menekan serta menahan tombol power yang bersamaan dengan tombol home sampai logo Apple sudah tampak dilayar.

Sedangkan untuk di ponsel android, ada sejumlah cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan hard reboot. Untuk sebagian besar smartphone android, anda dapat mengatasinya dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Kemudian untuk cara lainnya anda juga bisa melakukannya dengan melepaskan baterai smartphone android tersebut dalam beberapa menit, kemudian memasangkannya kembali.

2. Carilah Aplikasi yang Paling Banyak Menguras Baterai.
Jika baterai smartphone anda masih tetap belum stabil juga meskipun sudah di hard reboot, sebaiknya anda coba untuk menganalisis kira-kira aplikasi apa saja yang paling boros menyedot baterai melebihi kapasitas normal. Pada smartphone android, anda bisa lihat dimenu tap settings-battery, geser kebawah dan lihatlah aplikasi manakah yang paling menguras baterai paling banyak. Pada tab aplikasi itu lalu pilihlah force stop.

Sedangkan pada perangkat ponsel yang berbasis iOS, anda bisa membuka menu setting-battery untuk mengetahui jenis aplikasi mana yang paling boros menguras daya baterai. Bila kamu sudah menemukan aplikasi yang paling boros menghabiskan baterai, anda langsung saja matikan aplikasi itu dengan menekan tombol home sebanyak dua kali, lalu geser aplikasi tersebut keatas untuk menghentikannya. Untuk cara yang lain, anda bisa mematikan semua proses aplikasi dengan cara masuk ke menu Setting-General-Background App Refresh, kemudian hapuslah aplikasi yang sudah tidak anda perlukan lagi.

3. Mengaktifkan Mode Airplane.
Pemicu lain yang menyebabkan baterai cepat sekali habis adalah disebabkan karena pengguna sedang berada di tempat yang memiliki layanan sinyal seluler yang buruk. Pada saat hal ini terjadi pada anda, tentu smartphone anda akan berupaya keras untuk bisa tersambung dengan layanan seluler tersebut. Bila anda merasa pada area yang sinyalnya jelek, sebaiknya anda hidupkan mode airplane.

Pada ponsel iPhone atau iPad, anda bisa masuk ke menu settings, lalu hidupkan airplana mode atau sapukan layar ponsel kearah atas untuk menampakkan jendela Control Center dan kemudian anda tekan tombol Airplane Mode tadi. Sedangkan pada smartphone ber OS Android, anda bisa langsung swipe layar kebawah, disitu anda bisa menemukan Quick Settings dan pilih tombol Airplane Mode. Dan sebagai tambahan info buat kalian, meskipun anda sedang mengaktifkan Mode Airplane ini, anda masih tetap bisa menggunakan jaringan Wifi.

4. Nyalakan Mode Battery Saver.
Entah itu baterai dari ponsel berplatform Android ataupun iOS tetap sama-sama bisa awet dan tahan lama, asalkan anda tidak lupa menyalakan mode battery saver ini. Pada waktu mode ini sudah aktif, kecerahan layar smartphone anda otomatis akan terlihat agak gelap dan juga mematikan beberapa aplikasi yang sedang bekerja di background layar. Mode Battery Saver ini tentu sangat berguna sekali buat anda yang suka melakukan aktivitas diluar ruangan saat berada diperjalanan tanpa membawa charger ataupun powerbank.

Dari beberapa Tips Mengatasi Smartphone Mati Mendadak yang sudah kami sampaikan diatas tentunya bisa anda terapkan pada perangkat smartphone yang anda gunakan.