Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Fitur-Fitur Canggih dan Terbaru di OS Android Oreo 8.0

Apalagi pada pertengahan tahun 2016 lalu Google memperkenalkan sistem operasi Android versi 7.0 yang bernama, kini pada tahun 2017 tepatnya dibulan agustus 2017 Google pun dipastikan akan resmi merilis OS Android versi terbarunya yakni Android Oreo 8.0. Yang menarik dari OS Android versi 8.0 ini adalah hadirnya beragam fitur terbaru dan canggih yang tidak ada pada OS Android versi sebelumnya. Selain itu kinerja yang dimiliki OS Android versi 8.0 ini pun sudah lebih ditingkatkan lagi yang pastinya sudah lebih baik dari sistem operasi versi pendahulunya yakni OS Nougat v7.0. Dan tentunya kehadiran OS Android Oreo ini pastilah sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna smartphone android, pasalnya pada OS Android Oreo ini juga akan menawarkan beragam keunggulan yang pastinya akan lebih memudahkan penggunanya dalam mengoperasikannya. Lantas fitur-fitur canggih seperti apa yang yang bakal dihadirkan pada OS Android Oreo versi 8.0? Nah, biar tidak penasaran, langsung anda simak ulasannya berikut ini.

OS Android Oreo 8.0
OS Android Oreo 8.0

10 Fitur Terbaru dan Canggih di Android Oreo.

1. Fitur Autofill.
Apabila sebelumnya fitur autofill ini hanya tersedia di Google Chrome saja, namun saat ini Google pun akan menghadirkannya pada Android Oreo. Fitur ini sendiri tentunya sangat sekali bagi penggunanya yang sering lupa kata sandi saat ingin masuk di akun sosial media. Pasalnya dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan verifikasi kata sandi menggunakan fingerprint atau cara lainnya yang lebih aman. Semisal apabila Chrome telah menyimpan kata sandi pada akun media sosial yang kita miliki, maka fitur autofill ini akan mengisinya ketika anda akan masuk ke akun sosial media tersebut secara otomatis.

2. Fitur Optimalisasi Sistem.
Fitur optimalisasi sistem yang dihadirkan pada Android Oreo 8.0 ini akan memungkinkan penggunanya untuk bisa menjalankan aplikasi dan game pada perangkatnya menjadi lebih responsif dan cepat. Selain itu optimalisasi sistem yang tersedia pada OS Android versi 8.0 ini juga sudah bisa lebih cepat dari versi OS Android sebelumnya saat melakukan reboot. Dan tentu saja kemampuan ini akan membuat kinerja aplikasi ataupun game bisa berjalan dengan lebih lancar.


3. Fitur Google Play Protect.
Dengan adanya fitur ini, tentunya pengguna akan lebih aman saat menjalankan aplikasi pada perangkat. Pasalnya sistem keamanan yang ditawarkan pada OS Android Oreo ini sudah mampu memberikan tingkat keamanan yang sangat maksimal terhadap jenis aplikasi yang akan diinstal. Jadi tentu saja hal ini akan sangat memimalisir serangan virus malware pada perangkat anda.

4. Fitur Picture in Picture.
Keunggulan dari fitur ini yakni memungkinkan penggunanya untuk menonton video sambil menjalankan aplikasi lainnya dalam satu layar secara bersamaan. Adanya dukungan kontrol multi display dan playback pada fitur ini pun sudah mampu berjalan dengan sangat baik. Dengan hadirnya fitur PIP ini, pengguna bisa menyetel video dalam mode layar penuh, lalu menekan tombol home, yang nantinya aplikasi tersebut dapat mengecilkan ukuran video secara otomatis. Yang menariknya lagi, pengguna pun ternyata masih tetap bisa menikmati video yang sedang diputar meskipun sedang menjalankan aktivitas lain di perangkat.

5. Fitur Backgroud Limit.
Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dari OS Android Oreo, yang mana fitur ini berfungsi ini menghemat daya baterai pada perangkat. Dengan adanya fitur ini, tentunya penggunaan baterai akan lebih hemat, khususnya pada aplikasi yang berjalan pada backgroud layar. Selain itu keunggulan yang juga ditawarkan fitur background limit ini yakni mampu memaksimalkan kinerja RAM, sehingga performa smartphone menjadi lebih stabil.

6. Fitur Notification Dots.
Dengan adanya fitur ini, pengguna nantinya akan mengetahui adanya pemberitahuan notifikasi dengan lebih mudah, yakni hanya dengan mengetukkan pada aplikasi saat ingin menemukan hal baru pada aplikasi tersebut. Intinya adalah pengguna bisa lebih cepat merespon saat muncul notifikasi di layar.

7. Fitur HiFi Bluetooth Audio.
Bagi anda yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone, tentunya kehadiran fitur ini sangatlah membantu. Pasalnya dengan adanya fitur Hifi Bluetooth Audio ini, pengguna bisa merasakan kualitas suara yang dahsyat saat sedang menikmati streaming wireless audio.

8. Fitur Smart Text Selection.
Fungsi dari fitur smart text selection ini adalah untuk mempermudah penggunanya dalam mengenali nomor telepon, alamat, email, dan URL. Jadi dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menyalin satu persatu text nomor telepon, alamat, URL. Karena nantinya fitur ini akan secara otomatis mengidentifikasikan sebuah konteks tulisan yang akan disalin.

9. Wifi Aware.
Fungsi dari fitur Wifi Aware ini yakni untuk menghubungkan antara perangkat satu keperangkat lain tanpa perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi dengan adanya fitur wifi aware ini tentunya akan lebih memudahkan penggunanya saat mengirim dan menerima data.

10. Fitur Emoji.
Satu lagi fitur menarik yang akan dihadirkan oleh Android Oreo versi 8.0 ini adalah tersedianya beragam emoji terbaru dengan bentuk emoji yang lebih menarik dan lucu dibandingkan fitur emoji yang ada pada versi Android Nougat.

Itulah tadi fitur-fitur terbaru yang dihadirkan pada OS Android Oreo dengan menawarkan keunggulannya masing-masing. Meskipun untuk saat ini hanya beberapa perangkat android saja yang sudah menjalankan sistem operasi Android Oreo, namun setidaknya kita sudah mengetahui keunggulan fitur-fitur yang ada pada OS Android Oreo ini.