Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Micro SD Yang Bagus dan Top Untuk Smartphone

Memilih Micro SD untuk ponsel kesayangan kamu, tidak bisa sembarangan. Mengapa demikian? Ini karena beberapa Micro SD di pasaran, mempunyai spesifikasi yang berbeda dan tentunya ditujukan untuk beberapa hal berbeda juga. Kamu belum mengetahuinya, kan? Baca tips memilih Micro SD yang bagus dan top untuk smartphone kamu disini.

Tips Memilih Micro SD Yang Bagus
Tips Memilih Micro SD Yang Bagus dan Top Untuk Smartphone
Tips Memilih Micro SD Yang Bagus dan Top Untuk Smartphone Dengan Tepat  

Merek Micro SD, kecepatannya, spesifikasinya, dan kapasitas memorinya paling tidak adalah apa yang harus kamu perhatikan lebih teliti.  Untuk lebih jelas lagi, akan penulis jabarkan di bawah.

Perhatikan Spesifikasi Micro SD

Setidaknya, ada tipe Micro SD yang berbeda. Sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mengetahuinya, ya!

1.Secure Digital Standard Capacity (SDSC atau SD) – Micro SD ini memakai sistem FAT16. Idealnya, jenis memori ini mempunyai kapasitas yang relatif sangat kecil dan yang paling murah di pasaran saat ini.

2.Secure Digital High Capacity (SDHC) – Biasanya, memori yang satu ini memiliki kapasitas dari 4 GB hingga 32 GB dan memakai sistem FAT32. Perlu kamu perhatikan, tidak semua ponsel cocok memakai Micro SD jenis ini. Pastikan lebih dulu apakah ponsel kamu bisa memakai Micro SD ini dengan cara mengecek di dalam buku panduan pembelian, ya!

3.Secure Digital Extended Capacity (SDXC) – Memori yang satu ini juga telah memiliki jumlah kapasitas yang paling tinggi mulai dari kapasitas 64 GB hingga mencapai kapasitas 2 TB dan menggunakan format exFAT. Biasanya, jenis memori ini digunakan untuk keperluan profesional seperti pemotretan kamera SLR.

Merek Micro SD

Faktor terpenting adalah kepopuleran merk Micro SD yang akan kamu beli. Tentunya, jangan sembarang memilih merek. Memang, beberapa merek tertentu harganya lebih mahal. Tapi perlu kamu ingat, ada harga tentu ada kualitas.

Saran dari penulis, sebaiknya jangan membeli merek bajakan. Selain risiko rusaknya lebih tinggi, pemakaian tidak akan bertahan lama dan mudah terformat secara tidak sengaja!

Kapasitas Memori

Menggunakan ponsel dengan memori internal yang sedikit, tentunya penambahan memori eksternal dengan kapasitas lumayan banyak kamu perlukan. Sekurang-kurangnya, saran dari penulis gunakan memori eskternal 32 GB. Selain cukup banyak media penyimpanannya, walaupun kamu tidak akan memakai semua, paling tidak memori ini tidak akan membuat ponsel kamu lemot.

Tingkat Kecepatan Transfer Memori

Dalam Micro SD, istilah kecepatan transfer memori dipisahkan dalam beberapa kelas (class).  Klasifikasi kelas yang berbeda ini menentukan kecepatan dari memori yang kamu gunakan. Semakin besar kelas memori, semakin cepat pula transfernya. Beberapa klasifikasi kelas memori, antara lain:

1.Class 2 – kelas terbawah yang sama sekali tidak penulis rekomendasikan untuk kamu beli karena kecepatannya seringkali lemot

2.Class 4 – cukup baik untuk digunakan pada ponsel walau tidak terlalu baik

3.Class 6 – dengan harga relatif terjangkau, memori dengan kelas 6 perlu kamu pertimbangkan untuk membelinya

4.Class 10 – adalah kelas terbaik dalam susunan klasifikasi kecepatan Micro SD. Dijamin, menggunakan memori kelas 10 tidak akan membuat kamu mengalami lag ataupun lemot sewaktu melakukan aktivitas apapun di smartphone.

Semoga, tips memilih Micro SD yang bagus dan top untuk smartphone yang baru kamu baca di atas dapat membantu. Setidaknya, empat tips di atas akan tepat menjadi acuan kamu sebelum membeli memori eksternal untuk ponsel.