Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Menabung adalah tindakan paling mendasar dalam menghemat keuangan, bukan itu saja menabung juga bisa membantu kita terhindar dari sikap hidup boros. Terutama jika hasil gaji yang kamu terima setiap bulannya diatur berdasarkan kebutuhan dan bukan karena keinginan. Tiap-tiap orang memang merasa kesulitan mengatur keuangan karena tindakan konsumtif yang berlebihan tanpa mempertimbangkan keuangan yang dimilikinya.

Mungkin banyak orang berpikir mengatur keuangan secara pribadi itu sangat sulit dilakukan karena hal tersebut hanya bisa dilakukan bila memiliki gaji atau penghasilan yang tinggi. Tentu saja tidak, walau dengan penghasilan kecil atau pas pasan ternyata jumlah uang sekecil apapun kalau bijak diatur tentu saja bisa dikontrol dengan baik agar pengeluaran lebih kecil dari pemasukan.

Cara mengatur keuangan pribadi

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang harus diingat agar terhindar dari sikap hidup boros :

1. Buat Anggaran Bulanan

Setiap bulannya akan ada pemasukan dan pengeluaran, untuk mengontrol itu semua sebaiknya buatlah anggaran bulanan. Anggaran bulanan ini bertujuan untuk mencatat pemasukan yang didapatkan dan pengeluaran setiap bulannya. Dalam anggaran bulanan ini buatlah apa saja yang harus wajib dibayarkan seperti bayar tagihan listrik, air,bayar BPJS, dan kebutuhan utama lainnya. Selebihnya uang tersebut bisa kamu sisihkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak terduga tentunya.

2. Sisihkan Sebagian Penghasilan Untuk Ditabung

Menabung itu adalah kunci utama dalam mengatur keuangan, dan ini harus dilakukan sebagai rencana awal ketika menerima penghasilan atau gaji setiap bulannya. Utamakanlah untuk menyisihkan penghasilan untuk ditabung di awal bulannya. Dengan menabung keuangan pribadi tetap bisa terkontrol dengan baik dan ingatlah ke diri sendiri untuk bahwa menabung itu adalah kebutuhan setiap bulannya.

3. Buat Dua Rekening Berbeda

Buatlah rekening terpisah atau dua rekening bank untuk membedakan mana rekening untuk membayar biaya kebutuhan setiap bulan dan tabungan. Rekening yang satu ini buat sebagai rekening tabungan yang tidak boleh di utak-atik tentunya. Dengan pemisahan rekening ini pengelolaan keuangan pribadi tentunya akan semakin baik. Usahakanlah rekening tabungan ditabung setiap awal bulan agar keuangan semakin terkontrol dengan baik.

4. Memiliki Catatan Keuangan Pribadi

Catatan keuangan pribadi ini sangat penting sekali untuk mencatat kemana saja uang yang tersebut dibelanjakan. Dengan mencatat uang yang masuk dan uang untuk pengeluaran secara tidak langsung keuangan bisa terkontrol dengan baik. Jangan sampai uang yang masuk dan keluar tidak tercatat pemakaiannya.

5. Ketahui Mana Kebutuhan dan Keinginan 

Seringkali kita tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Untuk bisa mengatur keuangan yang baik, terlebih dahulu harus tahu membedakan hal tersebut. Penggunaan uang yang tidak tepat membuat pola hidup menjadi lebih konsumtif. Oleh karena itu gunakanlah uang tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan yang penting buat melakukan aktivitas sehari-hari seperti sandang, pangan dan papan. Sedangkan keinginan biasanya tidak bersifat mengikat dan tidak harus dipenuhi, salah satu contohnya adalah menggunakan uang untuk membeli atau berbelanja barang-barang yang sama sekali bukan menjadi kebutuhan hidup.

Ada banyak manfaat yang kamu rasakan saat mengelola keuangan pribadi tentunya yaitu hidup menjadi teratur karena sudah bisa memilih dan membedakan mana kebutuhan dan keinginan sehingga bisa disiplin lagi menggunakan uang. Bukan itu saja, kebiasaan ini juga akan membawa hidup jadi lebih hemat sehingga apapun itu kebutuhan bisa tercukupi dari pengelolaan uang yang sudah kamu lakukan tadi.

Itulah tadi informasi mengenai cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman yang membaca artikel ini. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini di media sosial kalian masing-masing ya. Good luck!