Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencukur Bulu Ketiak Secara Aman dan Nyaman

Punya bulu ketiak yang panjang mungkin bagi sebahagian orang hal tersebut sangat mengganggu aktifitas setiap hari, ini dikarenakan penumpukan keringat sekitar lipatan ketiak yang menyebabkan bau tidak enak. Jika dibiarkan, akan memicu bau badan dan akhirnya orang-orang disekitar akan terganggu dengan bau tidak sedap tersebut.

Beberapa cara untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada lipatan ketiak biasanya dilakukan dengan cara mencabut bulu ketiak. Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak boleh secara sembarang mencabut bulu ketiak. Mengapa ? karena bisa menyebabkan luka atau iritasi pada ketiak dan akhirnya timbul penyakit baru yang tidak diinginkan.

Ada kebanyakan orang mencabut bulu ketiak menggunakan pinset namun ini sangat berbahaya karena akan terasa sakit dan nyeri. Rasa nyeri ini bisa mengganggu saraf pada lipatan ketiak dan tidak baik baik bagi kesehatan. Dibanding menggunakan pinset lebih baik menggunakan alat cukur yang di khususkan untuk mencukur bulu ketiak.

cara mencabut bulu ketiak

Namun disatu sisi mencukur bulu di lipatan ketiak menggunakan alat cukur terkadang hanya terpotong atau terpangkas separuh saja dan tidak secara menyeluruh. Kondisi ini membuat bulu ketiak lebih cepat tumbuh kembali. Untuk membantu kamu menghindari iritasi atau luka saat mencabut bulu ketiak, berikut beberapa tips atau cara mencukur bulu ketiak secara aman dan nyaman dibawah ini :

1. Gunakan Alat Cukur Ketiak Yang Sesuai

Ada banyak alat cukur khusus untuk membersihkan bulu-bulu pada anggota tubuh. Salah satunya yaitu alat cukur bulu ketiak. Alat cukur tentunya sangat mudah didapatkan namun perlu memastikan bahwa alat cukur tersebut sesuai dan steril untuk digunakan. Pastikan alatnya benar-benar tajam dan susunan pisaunya bisa menjangkau permukaan lipatan ketiak dengan begitu bulu-bulu halus dibawah ketiak bisa bersih dan nyaman.

2. Gunakan Krim Untuk Cukur Ketiak

Selain menggunakan alat cukur perlu juga menggunakan krim sebagai bahan pelembut dan pelembap kulit ketiak. Dengan menggunakan krim maka membantu pisau alat cukur memotong bulu secara nyaman dan terhindar dari resiko iritasi ataupun luka tentunya. Kamu bisa menggunakan krim ini setiap kali ingin memotong atau memangkas bulu ketiak.

3. Gunakan Air Hangat

Air hangat diperlukan untuk membuat permukaan kulit ketiak menjadi lembab. Sebelum dicukur menggunakan alat cukur maka basuh ketiak atau permukaan lipatan ketiak dengan dengan air hangat selama 10 menit. Tujuannya untuk memudahkan pencukuran bulu menjadi lebih mudah dan nyaman tentunya. Kondisi ini membuat ketiak terhindar dari luka atau iritasi serta beberapa resiko lainnya.

4. Mengeringkan Ketiak dan Berikan Pelembab

Setelah melakukan pencukuran secara merata selanjutkan bersihkan lipatan ketiak menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka, bilas dengan bersih setelah itu lanjutkan dengan menggunakan air dingin. Tujuannya untuk menutup kembali seluruh pori-pori kulit ketiak dan selanjutnya gunakan handuk halus dan bersih untuk mengeringkan permukaan kulit ketiak. Kamu bisa oleskan pelembab kulit pada ketiak agar kulit ketiak lebih bersih dan sehat.

5. Gunakan Alat Cukur Bulu Ketiak Sekali Pakai

Untuk menghindari resiko penyakit kulit, iritasi serta infeksi pada permukaan atau lipatan ketiak, sebaiknya gunakanlah alat cukur bulu ketiak sekali pakai saja. Dengan begitu alat cukur tetap higienis dan aman digunakan pada saat mencukur bulu ketiak Anda. Perhatikan bahwa pisau cukur didalamnya benar-benar bersih dan tajam serta sesuai dengan penggunaannya.

Rajinlah untuk membersihkan ketiak karena ini sangat membantu Anda terhindar dari bau badan. Karena salah satu pemicu bau badan itu berasal dari kulit serta bulu ketiak yang menampung keringat dan bakteri. Itulah tadi informasi tentang cara mencukur bulu ketiak secara aman dan nyaman. Semoga informasi ini bisa membantu Anda tetap menjaga kesehatan terutama pada anggota badan bagian ketiak. Good Luck!