Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Rambut Rontok Parah Pada Wanita

Penyebab rambut rontok parah pada wanita umumnya disebabkan oleh banyak faktor salah satunya bisa melalui genetik keturunan hingga pada kondisi kesehatan tertentu. Seperti kita ketahui bahwa rambut merupakan bagian mahkota indah yang harus tetap dijaga kesehatan dan keindahannya.

Bukan itu saja, semua wanita pasti merasa stress bila mengalami yang namanya rambut rontok. Rambut rontok yang berkepanjangan bisa menyebabkan kebotakan sehingga akan mengganggu penampilan kaum wanita menjadi kurang percaya diri.

penyebab rambut rontok parah

Ada batas kewajaran jika rambut yang rontok sekitar beberapa helai saja. Namun perlu diperhatikan bahwa rambut rontok yang tidak terlalu parah tersebut biasa terjadi untuk pergantian rambut baru yang tumbuh. Beda hal dengan rambut rontok yang parah, bisa mengalami kerontokan lebih dari 100 helai setiap harinya dan harus segera mendapatkan perawatan rambut secara ekstra.

Untuk membantu mengetahui apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab rambut rontok parah pada wanita, berikut informasinya dibawah ini :

1.  Stress

Stress atau terlalu banyak menyimpan beban pikiran menjadi salah satu penyebab rambut rontok atau berguguran. Stress mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga kinerja organ tubuh terganggu akibat yang ditimbulkan adalah rambut menjadi mudah rontok.

2.  Kurang Vitamin

Selain  harus cukup gizi tubuh juga butuh vitamin  yang tugasnya membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Kurang vitamin dapat menghambat pertumbuhan pada rambut. Apalagi rambut yang lepas setiap harinya akan sangat susah tumbuh kembali karena pengaruh kurangnya konsumsi vitamin kesehatan tubuh.

3.  Faktor Genetik atau Riwayat Keturunan

Penyebab kerontokan rambut juga bisa berasal dari faktor genetik atau keturunan. Dengan adanya riwayat tersebut kerontokan rambut akan semakin bertahap saat menjelang bertambahnya usia yaitu mulai dengan menipisnya rambut di kepala bagian atas.

4.  Masalah Kesehatan

Faktor masalah kesehatan juga mempengaruhi rambut menjadi tidak sehat dan pemicu menjadi mudah rontok. Beberapa masalah kesehatan yang menyangkut masalah pada rambut seperti penyakit kulit kepala, anemia hingga gangguan tiroid.

5.  Ketidakseimbangan Hormon Tubuh

Seiring wanita yang mengalami menopause maka akan diikuti dengan menurunnya produksi hormon yaitu estrogen dan progesterone. Ketidakseimbangan hormon ini memacu tubuh menjadi lebih mudah stress atau depresi. Alhasil mempengaruhi bagian tubuh salah satunya rambut menjadi lebih mudah lepas hingga mengalami kerontokan setiap harinya.

6.  Konsumsi Obat-obatan atau Suplemen

Efek samping dari konsumsi obat-obatan atau suplemen yang masuk ke tubuh, bisa menjadi pemicu terjadinya kerontokan pada rambut. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu pada tubuh mempunyai efek tidak baik bagi pertumbuhan dan kekuatan pada akar rambut.

7.  Penggunaan Shampoo Tidak Sesuai

Pemakaian shampoo yang tidak sesuai dengan rambut bisa menjadi penyebab rambut menjadi lebih mudah patah dan rontok. Ada banyak shampoo yang tersedia dan itu semua dikondisikan dengan rambut setiap masing-masing orang. Memilih Shampoo yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambut sangat mempengaruhi kesehatan pada rambut. Akibat dari salah memilih penggunaan shampoo akan menyebabkan kerontokan pada rambut.

8.  Kurang Perawatan

Kurangnya melakukan perawatan pada rambut akan membuat rambut menjadi tidak sehat. Ada banyak kesalahan pada perawatan pada rambut seperti terlalu sering mewarnai rambut, mengeriting rambut, terlalu sering keramas dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa penyebab rambut rontok pada wanita dan mulai sekarang kenali jenis rambut kamu serta rawatlah dengan sebaik mungkin agar terlihat sehat dan berkilau sepanjang hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan silahkan bagikan ke teman-teman kalian ya.