APPONSEL.COM

Blog yang memberikan informasi tentang android, gadget, smartphone serta spesifikasi terbarunya

4 Tips Cerdas Merawat Baterai Smartphone Supaya Lebih Awet

Apponsel Com

4 Tips Cerdas Merawat Baterai Smartphone Supaya Lebih Awet - Saat baterai ponsel yang miliki sedang melalukan pengisian daya, baik itu baterai tablet, smartphone atau juga laptop tentunya punya batasan umur baterai yang berbeda. Yang mana panjang pendeknya ketahanan atau usia baterai tersebut tergantung dari bagaimana kamu menggunakannya. Dan ada cukup banyak tips yang sudah beredar luas di media internet mengenai isu tersebut, yang kebanyakan  mengatakan bahwa pengguna perlu lebih teratur pada saat mengisi daya supaya baterai tidak bekerja terlalu berlebihan. Padahal sebenarnya kamu tidak harus memanjakan baterai seperti halnya hewan peliharaanmu. Jadi buat kamu yang ingin tau cara merawat baterai smartphone dengan benar, berikut ini beberapa tips cerdas supaya baterai smartphone lebih awet sampai tahunan.

Tips Cerdas Merawat Baterai Smartphone Supaya Lebih Awet.
Tips Cerdas Merawat Baterai Smartphone

1. Siklus Saat Mengecas Baterai.
Pada beberapa perangkat gadget memperlihatkan informasi tingkat kesehatan baterai yang bisa kamu lihat pada menu setelan. Di menu tersebut sudah tertulis seberapa banyak siklus isi ulang baterai. Sekarang kami akan ambil contoh pada ponsel buatan Apple yang mana pada ponsel iPhone sudah tertera mengenai sklus isi ulang daya baterai. Untuk iPhone diperlukan hingga 500 kali siklus isi ulang baterai, sampai performa baterai tersebut menurun menjadi 80 persen dari kondisi normalnya. Dan lama-lama persentase tersebut akan terus menerus menurun. Oleh karenanya kamu ada baiknya tidak membuang pembagian siklus saat mengisi ulang baterai, yang artinya kamu jangan sekali-kali mencabut dan memasang charger saat tidak diperlukan. Pada saat kamu sudah menyambungkan charger tersebut, jangan dulu melepasnya saat baterai belum sepenuhnya terisi, karena hal itu akan menghambat proses pengisian ulang pada perangkat kamu.

2. Pakailah Charger Original.
Memiliki alat multi charger memang membuat pengisian baterai menjadi lebih simpel karena bisa dibawa saat bepergian. Kamu juga bisa mengisi ulang baterai ke beberapa ponsel sekaligus tanpa perlu menggunakan banyak alat charger. Akan tetapi yang harus kamu ketahui bahwa pasokan daya ke dalam baterai sebuah perangkat itu harus tetap berjalan stabil. Menyambungkan satu alat charger ke banyak kabel akan menjadikan aliran daya tidak stabil yang berakibat kerusakan pada baterai ponsel. Apabila memang dalam keadaan terpaksa harus memakai multi charger, sebelum kamu menghubungkannya kamu harus menggunakan alat charger yang memiliki kualitas bagus.
Tips Merawat Smartphone

3. Mencabut Charger Saat Baterai Sudah Penuh.
Bila kamu sedang tidur ataupun meninggalkan ponsel dalam waktu yang lama, kamu pastikan dulu baterai yang sedang kamu isi ulang tidak penuh 100 persen. Karena jika baterai ponsel kamu sudah terisi penuh, sebaiknya charger secepatnya segera dicabut. Sebab jika ponsel dibiarkan tersambung ke charge dalam keadaan pengisian daya yang sudah terisi penuh, dapat mengurangi performa baterai. Selain itu sebaiknya kamu tetap menyimpan ponsel pada suhu yang normal atau stabil. Keuntungannya adalah dengan melakukan hal ini, baterai ponsel kamu akan lebih awet walaupun sudah tidak dipakai lagi dalam waktu yang lama.

4. Temperatur Pada Saat Mengisi Ulang Baterai.
Perkiraan suhu dalam ruangan itu sekitar 20 derajat celcius atau sama juga dengan 70 derajat fahrenhit yang mana tempertaur tersebut merupakan kondisi paling baik untuk mengisi ulang baterai ponsel. Kami menyarankan jangan terlalu sering mengisi ulang baterai saat suhu dibawah 0 derajat celcius atau di atas 45 derajat celcius. Karena kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan fungsi baterai ponsel secara menyeluruh. Sebaiknya kamu biarkan ponsel mati saat kehabisan baterai, ketimbang harus mengisi ulang daya di saat temperatur sedang tidak stabil.

Dari beberapa Tips Cerdas Merawat Baterai Smartphone yang sudah kami sampaikan tadi, tentunya sudah bisa kamu praktekkan sendiri supaya baterai perangkat gadget milikmu bisa tetap tahan lama. Meskipun lama kelamaan baterai juga akan rusak, tapi paling tidak tips dari kami ini bisa memberi solusi buat kamu dalam merawat baterai smartphone.