APPONSEL.COM

Blog yang memberikan informasi tentang android, gadget, smartphone serta spesifikasi terbarunya

Cara Menciptakan Gambar Kreatif Dengan PicsArt

Apponsel Com

Pernahkah Anda mendengar bahwa saat ini terdapat sebuah aplikasi android yang setara dengan photoshop. Coba bayangkan, sekarang Anda bisa melakukan editing layaknya photoshop dengan menggunakan handphone. Sangat menarik, bukan? Kira-kira apa nama aplikasi tersebut ya?

Nama aplikasi yang sedang di perbincangkan tersebut ialah PicsArt. Mungkin nama itu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sangat gemar stalking Instagram. Karena kini banyak sekali tutorial editing yang sisebar luaskan pada Instagram. Tetapi, apakah Anda hanya sekedar tahu dan tidak ingin mencoba menggunakannya?

Jika Anda telah mengetahui semua tutorial tersebut, namun tidak mau mengamalkan atau mencobanya? Maka Anda akan sangat dirugikan. Pasalnya saat ini aplikasi tersebut sedang diidam-idmkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Hanya dengan menyediakan ruang tempat sebesar 47,24 MB, Anda sudah bisa mendapatkannya secara gratis. So, jangan sampai lupa untuk mengunduhnya ya.

PicsArt

Setelah selesai mengunduhnya, lalu bagaimana cara menggunakan semua fitur yang banyak pada aplikasi ini? Tak perlu khawatir! Karena saya akan memberikan informasi seputar fungsi dari semua mnu dan fitur tersebut. Untuk itu, Anda bisa melihatnya pada deskripsi dibawah ini. 

Review Aplikasi Pengedit Foto PicsArt

Ternyata tidak hanya sekedar menyedikan berbagi macam filter foto, PicsArt juga menyediakan berbagai kebutuhan editing lainnya. seperti kolase foto, membuat foto artistik, dapat dijadikan sebagai kanvas lukisan, dan juga menghubungkan semua kreatifitas didunia dalam satu tempat. Sehingga semua itu akan setara dengan aplikasi pengedit video pada komputer atau perangkat canggih lainnya.

Apa sih Aplikasi PicsArt Itu?

Nah, sebelum kita beralih pada fungsi dan cara menggunakan aplikasi ini. Ada baiknya jika Anda mengetahui apa pengertian serta fungsi utama dari aplikasi ini. Ya, pada dasarnya kita semua sudah tahu bahwa PicsArt ini merupakan aplikasi pengedit foto yang memiliki banyak fitur. Namun, PicsArt sangat berbeda dengan aplikasi pengedit foto lainnya. Jika VSCO Cam hanya berfokuskan pada filter dan pencahan aplikasi pengedit foto yang memiliki banyak fitur. Namun, PicsArt sangat berbeda dengan aplikasi pengedit foto lainnya. 

Jika VSCO Cam hanya berfokuskan pada filter dan pencahayaan, maka PicsArt bisa melakukan hal yang serupa.  Satu contoh lagi, yaitu aplikasi pengedit foto bernama Photogrid. Aplikasi tersebut dirancang khusus untuk memudahkan Anda dalam mengedit foto. Namun faktanya, fitur yang dimiliki hanya terletak pada collage dan filternya saja. Berbeda dengan aplikasi PicsArt ini. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mengenai semua fitur tersebut, maka saya akan membahasnya pada deskripsi dibawah ini.

Fungsi dan Cara Penggunaan Menu Pada Aplikasi PicsArt

Menu Hamburger

Pertama kali Anda membuka aplikasi ini, maka Anda akan disuguhkan dengan menu explore. Disini juga terdapat berbagai menu lainnya loh. Ada sekitar 11 item di menu ini. Diantaranya seperti menu Hamburger, My Network, Explore, Contests, Profil, Search, Notification, Draw, Edit, Collage, Menu ultimate. Semua menu-menu tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda.

Dan untuk pertama kalinya saya akan membahas tentang menu Hamburger ini. Untuk fitur-fitur yang disediakan oleh menu ini, terdapat lima fitur pendukung. Diantaranya fitur Explore, Find Artists, Shop, Settings,dan About PicsArt. Jika Anda menekan fitur explore, maka tampilan layar akan berubah menjadi tampilan pada saat pertama Anda membuka aplikasi ini. 

Sedangkan jika Anda membuka fitur bernama Find Artists, maka akan nampak tampilan dengan perintah “select your interest” dan “choose at least 3 interests”. Itu artinya Anda harus memilih 3 item diantara 8 fitur yang telah disediakan. Salah satu contohnya Anda memilih fitur Editing, Urban dan Nature. Kemudian tekan Done, dan secara otomatis semua karya dengan keywork yang telah Anda pilih tersebut akan ditampilkan.

Selanjutnya menu Shop. Sesuai dengan namanya, menu ini biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang Anda inginkan. Mulai dari yang berbayar hingga free, semua tersedia pada fitur ini. Dan yang keempat adalah menu settings. Mungkin Anda sudah tahu apa fungsinya, bukan? Ya, fitur ini digunakan untuk mengatur segalah sistem yang dijalankan oleh aplikasi ini. Mulai dari General, Contacts, Connected Accounts, Notifications, Content dan About.

Dan yang paling akhir dari fitur pada menu ini ialah fitur About PicsArt. Sehingga jika Anda kurang begitu tahu dan puas tentang segala hal yang dimiliki PicsArt, Anda bisa melihatnya pada fitur yang terakhir ini.

Menu My Network

Menu My Network ini memiliki kesamaan seperti fitur pada Find Artists tadi. Namun, bedanya menu tersebut mampu menampilkan semua karya editing menggunakan PicsArt secara menyeluruh. Jika pada Find Artists hanya menampilkan 3 keywork saja, tetapi pada menu ini ialah beranda dari akun-akun ternama. Sehingga Anda tak perlu susah payah memasukkan keywork kembali.

Menu Explore

Nah, ini lah menu yang Anda tunggu-tunggu. Ya, menu Explore pada tampilan awal saat Anda membuka PicsArt. Menu ini memang sengaja dijadikan the main display, karena pada menu ini lah Anda akan memulai pengeditan. Bisa Anda lihat sendiri, bahwa menu ini dilengkapi dengan empat fitur yang dapat Anda gunakan sebagai latar belakang editing.

Misalkan Anda ingin menggambar atau melukis sesuatu, maka Anda bisa memilih fitur Draw pada sebelah kiri layar. Fitur ini juga dilengkapi dengan empat fitur lainnya. seperti Blank sebagai penentu ukuran dan jenis kanvas. Fitur Photo sebagai select photo untuk objek penggambaran. Fitur background untuk menentukan background apa yang sesuai dengan lukisan atau gambaran Anda. Dan yang terakhir fitur Open Draft yang dapat Anda gunakan untuk melihat hasil draft editing sebelumnya.

Menu Contests

Sama seperti aplikasi sosial media lainnya, PicsArt ini juga dapat menginformasikan berbagai event atau challenge dalam pengeditan. Seperti Art Project, Drawing Challenge, Graphic Design, Weekly Art Project dan masih banyak lagi. Dengan begi Anda tidak akan merasa ketinggalan informasi, bukan?

Menu Profil

Nah, untuk dapat mengunggah hasil editing pada menu My Network atau mengikuti challenge yang beredar, maka Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada menu Profil ini. Anda bisa memasukkan akun melalui Facebook atu Google. Semua itu tergantung akun yang Anda miliki. Jika sebelumnya Anda sudah melakukan login, Anda bisa langsung memasukkan Username dan password pada kolom yang tersedia. Jika sudah, sekarang Anda bisa eksis menggunakan aplikasi yang canggih ini.

Demikianlah review dan informasi seputar fungsi dari menu dan fitur yang dimiliki aplikasi PicsArt ini. Sekarang Anda sudah bisa menggunakannya dengan bebas. Jika hasil karya yang Anda edit terlihat bagus, jangan lupa untuk mengunggahnya pada desktop ya! Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus menghasilkan karya yang lebih kreatif lagi. Good Luck.