APPONSEL.COM

Blog yang memberikan informasi tentang android, gadget, smartphone serta spesifikasi terbarunya

Menanti Kehadiran Samsung Galaxy S9

Apponsel Com

Melalui tayangan akun Twitter resmi mereka, Samsung telah mengumumkan akan meluncurkan perangkat teranyar mereka, Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus pada Minggu, 25 Februari 2018. Setidaknya, perangkat yang diklaim sebagai ponsel pintar tercanggih tahun ini berhasil membuat banyak orang penasaran akan fitur dan kemampuannya.

Berikut sekumpulan rumor yang pernah beredar terkait produk baru Samsung ini.

Harga

Jika dibandingkan dengan harga Galaxy S8 yang mencapai $728 saat pertama kali diluncurkan, beberapa pihak memprediksi bahwa kemungkinan Samsung Galaxy S9 akan dihargai sekitar $789 atau sekitar Rp 10.730.400,00 (dengan kurs $1 = Rp 13.600,-). Ini berarti terjadi peningkatan harga sebesar 23% dibandingkan dengan versi pendahulunya.

Desain

Samsung Galaxy S9 digadang-gadang tampil dengan tampilan nyaris tanpa bingkai (bezelless). Hal ini terungkap dalam salah satu bocoran terkait desain produk, seperti yang bisa Anda lihat berikut ini.

Samsung Galaxy S9


Seperti biasa, bocoran tampilan ini diunggah oleh Evan Blass, seorang pembocor ternama, pada akun Twitternya. Dari gambar tersebut, kemungkinan besar Samsung Galaxy S9 akan tersedia dalam beberapa varian warna, seperti Midnight Black, Arctic Silver, Orchid Grey, Lilac Purple, Coral Blue, Rose Pink, dan Maple Gold. Namun, belum jelas apakah semua varian ini akan tersedia di seluruh negara atau hanya negara tertentu saja.
Layar yang semakin lebar turut menjadikan perangkat yang satu ini semakin menarik, Dengan rasio layar-ke-badan sebesar 90%, Samsung mulai mengikuti tren bezelless yang sedang populer saat ini. Adapun ukurannya digadang-gadang berkisar di 5.77 – 6.22 inci. Meski hal ini belum pasti, layar selebar ini tentunya mampu menghadirkan pengalaman terbaik dalam menggunakan perangkat, mulai dari bermain, bekerja, hingga mengunjungi situs favorit Anda, seperti M88. Semuanya bisa Anda nikmati dengan tampilan layar yang luar biasa.

Kamera

Sebagaimana produk Samsung lainnya, Samsung Galaxy S9 dan varian S9 Plus kali ini dikabarkan dilengkapi dengan kamera mumpuni. Dengan kapasitas 12MP dan dual sensor, Galaxy S9 akan menjadi pilihan terbaik Anda dalam menghasilkan foto berkualitas.

Kehadiran Samsung Galaxy S9

Rumor yang sempat beredar bahkan melaporkan bahwa Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan dilengkapi dengan fitur video super-slow-motion hingga 1,000 bingkai per detik. Fitur ini sendiri dikabarkan tersemat dalam aplikasi pengedit video yang khusus dirancang oleh Samsung. Selain itu, fitur lain yang digadang-gadang akan muncul dalam varian kali ini adalah kemampuan merekam video dengan kualitas HDR serta membidik foto dalam cahaya redup.

Meski semua ini masih sebatas rumor, namun ada 1 hal yang kita tahu pasti. Lewat jargon “The Camera. Reimagined.” yang diusung Samsung pada produk terbaru ini, fitur kamera akan menjadi salah satu fokus Samsung dari produk keluaran mereka kali ini.

Spesifikasi

Dengan diumumkannya varian terbaru prosesor Exynos 9 Series 9810 untuk lini produk Samsung, dapur pacu Samsung Galaxy S9 dan S9+ dikabarkan akan ditenagai oleh prosesor terbaru ini. Di samping itu, Samsung turut menyediakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 sebagai alternatif bagi pengguna di beberapa negara.

Qualcomm Snapdragon 845 sendiri bukan pilihan sembarangan. Dengan kecepatan 25% lebih tinggi dari versi sebelumnya, prosesor ini sukses meraih gelar sebagai prosesor tercepat saat ini. Selain itu, Qualcomm juga menyematkan kemampuan untuk menghemat daya baterai pada produk ini, menjadikannya kombinasi yang sempurna. 

Qualcomm Snapdragon 845


Di sisi lain, Exynos 9810 dilengkapi dengan 4 inti utama dengan kecepatan maksimum 2.9 GHz, serta 4 inti efisiensi untuk memperpanjang umur baterai.

Dari sisi memori, Samsung dikabarkan menawarkan 2 pilihan memori pada produk terbaru mereka kali ini: tipe 4GB RAM/64GB dan 4GB RAM/128GB. Sedangkan varian S9 Plus akan tersedia dalam 3 varian: tipe 6GB RAM/64GB, 6GB RAM/128GB, dan 6GB RAM/258GB. Bahkan beberapa rumor mengatakan, Samsung berencana mengeluarkan varian 512GB apabila tren penjualan menunjukkan kecenderungan peningkatan. 

Dengan semua fitur ini, pertanyaan berikutnya terletak pada kemampuan baterai yang diusung Samsung. Hal ini penting mengingat insiden baterai yang menimpa perangkat Galaxy Note 7 mereka dahulu. Untuk menghilangkan stigma buruk ini, Samsung dikabarkan berupaya keras dalam menghadirkan baterai dengan kemampuan terbaik. Beberapa sumber mengatakan varian 3.000 dan 3.500 mAh akan tersedia kali ini. Dengan kapasitas sebesar ini, kita pun berharap agar jangan ada kecelakaan yang terulang kembali. 

Face unlock, sensor sidik jari, dan fitur lain
Sebagai merek ponsel pintar yang dikenal akan terobosan teknologinya, Samsung selalu menyertakan pembaruan teknologi mumpuni dalam setiap perangkat yang dikeluarkannya. Tren ini pun tetap berlanjut pada peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus nanti. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari siaran media Samsung, Samsung mengatakan produk terbaru mereka akan “dilengkapi dengan fitur pemetaan dalam untuk memindai wajah pengguna dalam format 3D untuk filter pelacakan wajah serta fitur pengaman yang handal ketika membuka kunci perangkat hanya dengan menggunakan wajah.”

Dari bahasa yang digunakannya, tampaknya fitur ini memiliki kemiripan dengan Face ID yang disematkan Apple pada ponsel iPhone X mereka. Mungkin, setelah melihat kesuksesan fitur ini, Samsung pun pada akhirnya memutuskan untuk mengikuti tren tersebut. 

Informasi lebih lanjut perihal fitur pengenalan wajah ini diketahui dari izin paten yang diajukan Samsung beberapa waktu lalu. Apabila diterapkan sama persis dengan yang diajukan dalam paten, teknologi baru ini akan memampukan pengguna untuk mengamankan ponsel mereka dengan kombinasi sensor jarak jauh dan pemindaian iris mata. 

Di sisi lain, pengajuan paten yang lain mengemukakan bahwa Samsung berniat mengembalikan sensor sidik jari ke bagian depan perangkat, tepatnya di bagian bawah layar. Namun, hal ini belum pasti terjadi mengingat letak sensor di depan kemungkinan besar akan mengurangi proporsi layar. 
Bagi Anda para penyuka headphone, Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan dilengkapi dengan fitur colokan audio. Ini artinya Anda akan bisa menikmati musik yang Anda suka dengan menggunakan headphone. Nantinya ponsel ini dikabarkan akan dilengkapi dengan perangkat docking untuk menghubungkan ponsel Anda dengan komputer. 
Tidak hanya berhenti di situ saja. Sebagaimana yang kami rangkum dari situs BGR.com, Samsung kemungkinan menyematkan fitur Samsung Galaxy AI UX dalam ponsel keluaran mereka kali ini. Fitur ini sendiri dikabarkan menghadirkan kecerdasan buatan ke dalam ponsel Anda, melalui asisten virtual Bixby ala Samsung. Fitur ini sekaligus menjadi terobosan yang dilakukan oleh Samsung, di tengah kompetisi antarprodusen ponsel pintar yang berupaya menerapkan kecerdasan buatan dalam produk mereka. 
Terakhir, untuk memuaskan para pengguna, Samsung juga meningkatkan kualitas emoji yang disematkan pada produk mereka. Stiker versi 3D terbaru dari Samsung akan tersedia dalam produk terbaru mereka kali ini. Ini sekaligus menjadi jawaban dari Samsung atas Animoji yang diluncurkan oleh Apple.