Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Startup Studio - Program Coaching Startup di Indonesia

Program Coaching Startup di Indonesia - Punya keinginan buka startup tapi belum punya bekal yang cukup? Atau sedang mencari coaching untuk bangun startup yang mau Anda rintis saat ini? Mencari coaching dalam membangun startup memang sebenarnya tidaklah mudah dalam membantu mengembangkan bisnis Anda.Apalagi di tengah perkembangan ekosistem startup Indonesia yang pesat ini memang ada banyak tantangan tentunya bagi para founder yang baru saja ini terjun memulai startup-nya.

Lalu, seberapa pentingnya coach dalam bisnis? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya perlu diketahui banyak masih banyaknya founder atau pendiri startup yang sangat menyepelekan coach, karena memang belum memahami atau mengetahui fungsi dari seorang coach dalam dunia bisnis sekarang ini.

program coaching startup di indonesia

Coach sendiri sebenarnya sangat berbeda dengan seorang konsultan karena perannya tidak terjun langsung untuk menangani atau membenahi permasalah yang terjadi. Disini coach perannya akan melatih setiap para pendiri startup atau orang yang mempunyai bisnis untuk membangkitkan potensi diri dan usaha yang dibangun sehingga bisa melakukan apa yang menjadi tugasnya.

Seorang coach juga akan menjalin hubungan kemitraan dengan klien, nantinya coach tersebut akan membantu klien mencapai pribadi terbaik mereka agar mewujudkan hasil yang mereka inginkan dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Startup Studio Indonesia

Bagi Anda ataupun teman-teman yang ingin mulai terjun membuka startup, namun masih merasa kurang dalam pengembangan skala usahanya,  maka program coaching adalah salah satu langkah awal yang tidak boleh terlewatkan atau disepelekan tentunya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa coach sangat erat kaitannya dengan membangun usaha yang sedang dibangun bisa menjadi lebih berkembang dan berinovasi.

Startup Studio Indonesia merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) Republik Indonesia untuk memfasilitasi para startup digital yang sudah mencapai tahap product-market fit dan memiliki founder yang potensial sehingga mampu mengembangkan solusi yang dibutuhkan oleh startup di Indonesia.

Adapun program dari Startup Studio Indonesia ini sudah terselenggara sejak tahun 2020 dengan dua program yaitu founder’s camp dan 1-on-1 coaching. Di Dalam program ini juga setiap peserta akan mendapatkan coaching dan mentoring dari para praktisi startup sesuai dengan masalah spesifik atau pain point yang dimiliki.

Di startup Studio Indonesia peserta juga bisa saling diskusi, berkonsultasi atau bertukar pikiran dalam menemukan solusi dari setiap masalah bersifat spesifik yang menjadi masalah startup dan para coach tentunya.

Program dari Startup Studio Indonesia pertama yaitu Founder’s Camp yaitu rangkaian mentoring atau brainstorming dengan para pelaku industri untuk mendiskusikan ilmu praktis yang dikuasai oleh para founder untuk mengembangkan skala usahanya, adapun topinya yaitu meliputi Product Strategy, Fundraising (Finance & Legal), Marketing, Customer Experience dan Product Mindset

Sedangkan untuk program kedua yaitu 1-on-1 Coaching yaitu pada program ini akan ada sesi private per-startup untuk mendapatkan sesi konsultasi dan supervisi eksekusi bersama para ahli dengan fokus utama strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, strategi pengembangan skala bisnis, marketing serta pengembangan teknologi. 

Manfaat bergabung bersama Startup Studio Indonesia 

1. Mendapatkan coaching dan mentoring secara online/daring dalam waktu 3 bulan

2. Akses bimbingan langsung dari pakar produk dan tech engineers ternama di Indonesia

3. Mendapatkan kurikulum mentoring mengenai pengembangan strategi produk, tim dan teknologi

4. Mendapatkan lebih dari 17 sesi mentoring untuk setiap startup yang berpartisipasi

5. Dukungan bebas ekuitas

6. Mentoring secara personal dan dukungan teknik dari pakar industri

Untuk program startup studio Indonesia ini akan berjalan dari tanggal 13 September 2021 sampai 16 Desember 2021 dan program diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan tidak memungut biaya dari peserta. 

Itulah tadi informasi mengenai Startup Studio program coaching Startup di Indonesia. Jangan lupa share atau bagikan informasi ini di sosial media kalian ya.