Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengeringkan Baju Dengan Cepat Saat Musim Hujan

cara mengeringkan baju di mesin cuci

Pada saat musim hujan tiba bagi sebagian orang dirumah yang mencuci pakaian maka dengan terpaksa harus menjemur pakaian didalam rumah. Menjemur pakaian basah didalam rumah tentunya membuat pakaian terasa lama mengering. Bahkan, kalau hujan tidak reda dari pagi sampai siang hari maka otomatis baju menjadi lembab dan lama kelamaan bisa berbau apek tentunya.

Hal ini tentunya sangat merepotkan sekali tentunya apalagi ketika musim hujan sudah tiba maka akan banyak sekali pakaian yang masih belum bisa dipakai berhubung dalam keadaan basah atau lembab. 

Tips mengeringkan baju atau pakaian saat musim hujan cukup mudah dilakukan oleh siapapun. Kamu tidak perlu lagi menjemur pakaian di luar rumah atau bertaruh pada cuaca apakah nanti cerah atau hujan. Kamu bisa menggunakan beberapa peralatan elektronik yang ada di rumah sebagai alat pengering pakaian di rumah. Dengan cara ini maka kamu tidak perlu repot memikirkan pakaian yang basah pada saat musim hujan. 

Cara Mengeringkan Baju Dengan Cepat Saat Musim Hujan

1. Menggunakan Mesin Cuci

Bagi kamu yang memiliki mesin cuci tentunya musim hujan bukanlah sebuah masalah berarti, karena mesin cuci selain berfungsi untuk mencuci atau membersihkan pakaian juga terdapat fungsi pengering pakaian didalamnya. 

Bahkan, untuk mencuci dan mengeringkan pakaian dengan tepat dibutuhkan pemahaman agar pakaian kering dengan baik dan maksimal. Berikut ini cara mengeringkan baju di mesin cuci dengan mudah yaitu sebagai berikut :

a. Jangan Memasukkan Pakaian atau Baju Melebihi Kapasitas Mesin Cuci

Pertama jangan memasukkan pakaian yang mau dikeringkan dalam jumlah yang melebihi batas kapasitas dari mesin cuci. Saat melakukan pengeringan di mesin cuci 2 tabung sebaiknya masukkan sesuai kapasitas yang tertera di mesin cuci.  Karena apabila melebihi kapasitas maka tingkat kekeringan pakaian akan memakan waktu yang lama dan keringnya bisa tidak merata ke semua baju yang telah dimasukkan tadi. 

Berbeda dengan proses pengeringan di mesin cuci 1 tabung yang kapasitas pakaian yang dimasukkan telah diatur oleh sensor mesin cuci mulai dari awal sampai ke proses pengeringan selesai sehingga hasilnya pengeringan semua pakaian menjadi merata tentunya.

b. Atur RPM Putaran Sesuai Jenis Kain

Kemudian selanjutnya kamu bisa atur rpm putaran pengering sesuai jenis bahan. Contohnya untuk baju yang tebal maka bisa gunakan rpm tinggi agar hasil atau proses pengeringannya didalam maksimal. Begitu juga dengan mesin cuci otomatis pilihlah jenis bahan yang tertera di pengaturan spin.

c. Bersihkan Tabung Pengering Secara Rutin

Agar proses pengeringan pakaian di mesin cuci tetap maksimal maka jangan lupa pula untuk memeriksa serta membersihkan mesin cuci secara rutin. Karena pada bagian dinding ataupun celah-celah lubang dari pengering mesin cuci terdapat serat benang maupun kotoran yang tinggal didalamnya.

2. Menggunakan Kipas Angin

Selain menggunakan mesin cuci, kamu juga bisa mengeringkan pakaian atau baju basah dirumah dengan kipas angin. Caranya cukup gampang yaitu sebagai berikut :

  • Ambil baju yang masih lembab/basah dan gantung di hanger baju
  • Gantungan baju di hanger dan usahakan posisikan berhadapan dengan kipas angin
  • Hidupkan kipas angin dengan kecepatan yang sedang mengarah ke baju 

Tunggu sampai baju mengering dan setelah itu jangan lupa di setrika dan diberikan pengharum pakaian agar lebih rapi dan wangi saat digunakan. 

3. Menggunakan Hair Dryer

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer untuk mengeringkan baju yang lembab ataupun basah tentunya. Angin panas yang dihasilkan dari alat ini tentunya juga bisa membantu mempercepat pengeringan pada pakaian.

Caranya juga sangat mudah yaitu sebagai berikut :

  • Letakkan dan lebarkan baju di hanger atau lebarkan dilantai yang beralas dan bersih tentunya
  • Hidupkan hair dryer dan arahkan angin panasnya ke seluruh permukaan pakaian secara merata
  • Lakukan berulang-ulang sampai pakaian benar-benar mengering dengan baik

Perlu diperhatikan gunakan hair dryer untuk baju yang memang benar-benar kamu butuhkan untuk dipakai. Masalahnya jika semua baju basah dikeringkan dengan alat tersebut bisa jadi pemborosan listrik atau tagihan listrik dirumah jadi naik. 

Itulah tadi informasi cara mengeringkan baju dengan cepat saat musim hujan yang bisa teman-teman praktekkan di dalam rumah. Oleh karena itu, bagi kalian yang dipusingkan dengan urusan pakaian yang masih lembab ataupun basah dan bertepatan dengan keadaan diluar rumah masih hujan, maka silahkan mencoba cara diatas sesuai dengan peralatan elektronik dirumah kalian masing-masing. Jangan lupa share dan bagikan artikel di sosial media teman-teman ya.