Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peer To Peer Lending dan Perannya dalam Memajukan Bisnis dan Investasi di Indonesia


mekar

Perekonomian suatu negara, tentu tidak dapat dilepaskan dari bisnis dan investasi yang melibatkan negara tersebut. Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi bisnis dan investasi di dalam suatu negara. Salah satu yang berperan adalah keberagaman skema investasi yang hadir di negara tersebut. Di Indonesia, saat ini tengah marak munculnya beragam fintech atau Financial Technology yang bertujuan untuk membantu para masyarakat yang membutuhkan jasa keuangan termasuk berinvestasi. Salah satu fintech yang tengah menjamur saat ini adalah peer to peer lending atau biasa disingkat p2p lending. Lalu, bagaimanakah peran p2p lending Indonesia dalam memajukan iklim bisnis dan investasi?

Mekar Investasi


Memberikan bantuan permodalan kepada UMKM

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa sektor UMKM merupakan sektor yang menjadi pilar penting dalam perekonomian suatu negara. Semakin banyak UMKM yang hadir maka semakin kuat pula perekonomian di negara tersebut. Skema p2p lending pun hadir untuk membantu para pelaku usaha di sektor UMKM yang membutuhkan modal untuk membangun atau mengembangkan bisnis yang telah dijalankannya. 

Kehadiran p2p lending Indonesia dalam memberikan bantuak permodalan membuat roda perekonomian pada UMKM menjadi lebih hidup. Karena merupakan pilar, maka dampak yang diberikan pun akan menjadi lebih besar bagi perekonomian secara keseluruhan. Hasilnya, perkonomian Indonesia menjadi lebih baik dan tingkat kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

Investasi

Mempercepat pertumbuhan ekonomi

Tidak hanya memutar roda perekonomian, ketika peer to peer lending hadir dan memberikan bantuan permodalan kepada pelaku UMKM, maka roda perekonomian pun akan berputar dengan lebih cepat. Perputaran roda perekonomian yang lebih cepat tentu mampu menjadi salah satu faktor penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ketika pertumbuhan semakin pesat, maka iklim bisnis dan Investasi di Indonesia akan semakin menggoda sehingga membuat banyak investor asing tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hasilnya, Indonesia pun mampu menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia yang cukup diperhitungkan.